Marinakis,

Marinakis, ‘Penguasa Laut’ Pemilik Olympiakos Positif Corona-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Nama Evangelos Marinakis menambah daftar pelaku sepak bola top Eropa yang positif virus corona. Marinakis merupakan pemilik klub Liga Yunani Olympiakos Piraeus dan klub kasta kedua Liga Inggris, Nottingham Forest.

Marinakis dikenal sebagai salah satu konglomerat dunia pemilik perusahaan pelayaran. Sebagai ‘penguasa laut’ asal Yunani, Marinakis juga amat tergila-gila dengan sepak bola sejak kecil.

Dia bahkan disebut pernah bercita-cita menjadi pesepakbola top dunia. Namun, impiannya pupus. Marinakis kemudian meneruskan bisnis perkapalan dari keluarganya terutama sang ayah, Miltiadis Marinakis.



Pria 52 tahun itu pun meneruskan bisnis ayahnya dan telah menggelutinya selama 27 tahun. Marinakis bahkan mampu mengembangkan bisnis pelayaran sang ayah menjadi salah satu yang terbesar di Eropa dengan nama baru Capital Maritime & Trading Corp.

Marinakis kini menjabat sebagai pendiri sekaligus pemimpin perusahaan tersebut. Total sudah 80 kapal kargo dengan mencapai bobot sembilan juta ton.

Evangelos Marinakis pemilik klub Olympiakos Piraeus positif virus corona. (Evangelos Marinakis (berdasi merah) pemilik klub Olympiakos Piraeus positif virus corona. (Foto: AFP/ADRIAN DENNIS)

Dia bahkan mampu mengembangkan bisnis perkapalannya dari spesialis kargo muatan curah merambat ke kapal tanker yang mengangkut hasil minyak dan gas. Total kekayaannya mencapai US$650 juta atau setara Rp9,3 triliun.
Di Piraeus yang merupakan markas klub Olympik, Marinakis ibarat dewa dalam sepak bola tanah kelahirannya itu. Sejak membeli Olympiakos pada 2010, itu mampu terus bersaing di papan atas Liga Yunani. Olympiakos bahkan kerap tampil di kompetisi level Eropa seperti Liga Europa.

Dia juga membantu menghidupkan taraf ekonomi di Nottingham dengan membeli klub sepak bola di sana.

Marinakis sempat membuat pernyataan yang menggegerkan dengan mengakui ke publik bahwa dia positif virus corona.

Marinakis, 'Penguasa Laut' Pemilik Olympiakos Positif Corona

“Virus yang baru-baru ini [corona] telah ‘mendatangi’ saya dan saya merasa bertanggung jawab agar publik tahu.”

“Saya merasa baik-baik saja dengan penanganan maksimal dan menjaga anjuran dokter dengan sangat disipling,” kata Marinakis melalui akun Instagram.

Pernyataan itu pun membuat panik Arsenal. Pasalnya, dia pernah melakukan kontak dengan para pemain dan staf Arsenal di Stadion Emirates.

Marinakis dilaporkan sempat berada di boks direktur dan ruang ganti pada saat serta usai leg kedua babak 32 besar Liga Europa antara Arsenal vs Olympiakos.

Marinakis dilaporkan sempat berada di boks direktur dan ruang ganti stadion. Saat di ruang ganti, dia sempat berjabat tangan dengan para pemain The Gunners.

Arsenal pun langsung mewajibkan seluruh pemain menjalani isolasi di rumah masing-masing sekaligus menjalani tes virus corona. Akibatnya, laga antara Manchester City vs The Gunners yang sedianya digelar pada Rabu (11/3) ini ditunda. (ptr)





berita olahraga