Makan di Restoran, Mayweather Beri Tip Rp4,2 Juta

Mayweather Atlet Bayaran Tertinggi dalam Satu Dekade-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Mantan petinju dunia, Floyd Mayweather Jr, tercatat menjadi atlet dengan bayaran tertinggi dalam satu dekade.

Dilansir dari Forbes, pria berjulukan ‘Money May’ itu mengantongi bayaran hingga mencapai US$915 juta atau setara Rp12,8 triliun dalam satu dekade.

Jumlah tersebut didapat dari bayaran per pertarungan tinju maupun dari sejumlah sponsor ketika dia masih aktif bertinju.

Angka itu jauh melampaui mantan pegolf dunia, Tiger Woods yang hanya mengantongi total bayaran US$80 juta (Rp1,1 triliun) dalam rentang 2000 hingga 2010.

Ronaldo (kanan) tercatat sebagai atlet dengan bayaran tertinggi kedua dalam satu dekade. (Ronaldo (kanan) tercatat sebagai atlet dengan bayaran tertinggi kedua dalam satu dekade. (Joel C Ryan/Invision/AP)

Bayaran terbesar Mayweather diterimanya saat pertarungan tinju melawan Manny Pacquiao dan petarung UFC Conor McGregor.
Mayweather mendapatkan bayaran US$10 juta dari pertandingan sekali tonton untuk dua pertarungan itu. Total bayaran yang didapatkan lebih dari US$500 juta (Rp6,9 triliun).

Di bawah Mayweather ada dua pesepakbola dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ronaldo berada di urutan kedua dengan bayaran US$800 juta (Rp11,1 triliun) dalam satu dekade.

Mayweather Atlet Bayaran Tertinggi dalam Satu Dekade

Di urutan ketiga ada Messi dengan bayaran US$750 juta (Rp10,4 triliun). Sama seperti Mayweather dan Ronaldo, bayaran itu bukan hanya dari klub tapi juga dari sejumlah sponsor.

Messi tercatat sebagai atlet dengan bayaran tertinggi pada 2019 ini dengan total US$127 juta (Rp1,7 triliun). Dari jumlah itu, US$92 juta di antaranya merupakan bayaran di Barcelona.

Meski demikian, jumlah secara keseluruhan dalam satu dekade masih kalah dari Ronaldo. Pundi-pundi uang paling banyak yang didapatkan bintang Juventus itu berasal dari iklan, terutama dari Nike. (bac/sry)





berita olahraga