Klasemen Liga Inggris: Liverpool Unggul 22 Poin atas Man City

Menanti Liverpool ‘Buang’ Liga Inggris Demi Liga Champions-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Liverpool memilih menurunkan pemain muda di Piala FA. Merujuk pada jadwal di sisa musim, menarik melihat kemungkinan Liverpool menyimpan pemain di Liga Inggris demi penampilan bagus di Liga Champions.

Liverpool tampil spektakuler di Liga Inggris musim ini. Dari 25 laga yang dijalani, Liverpool mampu merebut 24 kemenangan dan satu hasil imbang.

Liverpool belum merasakan kekalahan di Liga Inggris dan selalu menunjukkan mental juara dalam posisi terdesak yang mereka alami saat pertandingan berlangsung.

Menilik performa Liverpool musim ini, jelas ‘The Reds’ punya peluang bagus untuk meraup banyak gelar musim ini. Bukan hanya Liga Inggris, Liverpool juga punya kualitas untuk memenangkan Piala FA dan mempertahankan trofi Liga Champions.

Liverpool tampil perkasa di Liga Inggris musim ini.Liverpool tampil perkasa di Liga Inggris musim ini.  (AP Photo/Jon Super)

Namun dalam perjalanan terakhir menghadapi Shrewsbury Town di Piala FA, Jurgen Klopp memutuskan mengirim pemain muda tanpa kombinasi dengan pemain inti ataupun cadangan.

Klopp seolah sudah ‘membuang’ Piala FA meski akhirnya Liverpool masih melaju hingga ke babak 16 besar.

Pilihan Klopp tentu tidak bisa disalahkan. Sebagai manajer, ia punya kuasa penuh atas timnya. Pilihan untuk menurunkan pemain muda tentu bukan didasarkan untuk meremehkan kualitas lawan. Klopp memilih menurunkan pemain muda karena ia coba menjaga kebugaran pemain-pemain utama.

Pada tahun ini Liverpool masuk dalam tim yang juga terganggu dengan badai cedera. Sejumlah pemain seperti Alisson Becker, Fabinho, dan Sadio Mane sempat mengalami cedera.

Klopp juga menganggap sepak bola Inggris terlalu kejam pada pemain sehingga Klopp berusaha memberikan waktu luang dan istirahat lewat pengorbanan di Piala FA. Pada akhirnya, tidak ada yang dikorbankan karena pemain-pemain muda Liverpool berhasil mengemban tanggung jawab dengan baik.

Pemain muda Liverpool berhasil mengemban tanggung jawab.Pemain muda Liverpool berhasil mengemban tanggung jawab di Piala FA.  (AP Photo/Jon Super)

Titel Liga Inggris Sudah di Tangan

Liverpool adalah juara Liga Inggris musim ini. Meski secara matematis hal itu belum pasti, sudah tidak ada lagi pihak lain yang masih optimistis bisa mengejar Liverpool hingga akhir musim nanti.

Di luar kepastian gelar juara, ada hal hebat lain yang bisa dilakukan Liverpool musim ini. Mereka bisa tercatat sebagai juara dengan poin tertinggi dan mereka bisa mengakhiri musim tanpa terkalahkan. Dengan hal itu, gelar juara Liga Inggris 2019/2020 bakal makin bermakna bagi Liverpool, bukan hanya karena gelar tersebut pelepas dahaga gelar selama 30 tahun.

Menanti Liverpool 'Buang' Liga Inggris Demi Liga Champions

Di sisi lain, Liverpool masih perlu berjuang keras di Liga Champions. Perjalanan Liverpool di Liga Champions tidak akan mudah karena turnamen tersebut sudah memasuki fase knock-out.

Lawan pertama yang dihadapi Liverpool di babak 16 besar pun punya kualitas jempolan, yaitu Atletico Madrid. Liverpool bakal lebih dulu tandang ke markas Atletico pada 18 Februari.

Liverpool bisa lebih fokus ke Liga Champions dengan selisih 22 poinLiverpool bisa lebih fokus ke Liga Champions dengan selisih 22 poin di Liga Inggris. (AP Photo/Matt Dunham)

Tiga hari sebelumnya, Liverpool bakal tandang ke markas Norwich City. Pada leg kedua, 11 Maret, Liverpool akan menjamu Bournemouth empat hari sebelumnya.

Dengan tabungan jarak 22 poin, Liverpool sudah lebih dari cukup untuk mengunci gelar Liga Inggris. Klopp tidak akan disalahkan bila memilih menurunkan pemain cadangan plus beberapa pemain muda dan ‘membuang’ laga Liga Inggris beberapa hari sebelumnya demi persiapan maksimal di Liga Champions.

[Gambas:Video CNN]
Klopp telah menyatakan bahwa ia tidak terlalu peduli dengan rekor tak terkalahkan dan rekor poin yang mungkin bisa didapat ‘The Reds’. Namun keteguhan hati Klopp bakal menemui ujian serius seiring rekor tersebut makin dekat di depan mata.

Ujian Liverpool untuk terus mempertahankan formasi terbaik di Liga Inggris bakal kembali terjadi bila ‘The Reds’ terus melaju ke babak selanjutnya dengan menghadapi lawan lebih berat.

Bahkan bila Liverpool sudah memastikan gelar Liga Inggris di bulan Maret, keputusan Klopp untuk ‘membuang’ Liga Inggris demi fokus penuh di Liga Champions akan makin menarik dinanti. (nva)





berita olahraga