SEA Games 2019: Indonesia Unggul Atas Thailand di Babak I

Mencari Pelipur Lara Lewat Emas Sepak Bola-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Indonesia hampir pasti tidak akan jadi juara umum SEA Games 2019 di Filipina. Namun kemenangan di cabang olahraga sepak bola bisa jadi pelipur lara paling menggembirakan di tengah situasi sulit ini.

Dengan target maksimal 50 medali emas, Indonesia tidak akan bisa menjadi juara umum karena di atas kertas, hitung-hitungan jumlah medali emas itu bakal menempatkan Indonesia di posisi maksimal peringkat ketiga.

Cabang olahraga sepak bola sering disebut sebagai cabang olahraga paling bergengsi di SEA Games. Hal itu tak lepas dari fakta bahwa sepak bola adalah olahraga yang paling digemari di mayoritas negara Asia Tenggara.

Indonesia sendiri sudah lama tidak mampu jadi juara dan meraih medali emas di cabang olahraga sepak bola pada SEA Games. Terakhir kali Indonesia berjaya di SEA Games adalah pada SEA Games 1991 yang juga digelar di Filipina.

Timnas Indonesia sering terhenti di babak final dan harus puas dengan medali perak usai jadi juara SEA Games 2011.Timnas Indonesia sering terhenti di babak final dan harus puas dengan medali perak usai jadi juara SEA Games 2011. (AFP PHOTO/SOE THAN WIN)

Saat itu Indonesia berhasil meraih emas setelah menaklukkan Thailand lewat drama adu penalti di partai final.

Selepas sukses di SEA Games 1991, Indonesia tak lagi mampu berdiri di podium tertinggi.

Seusai tak mendapat medali pada edisi 1993 dan 1995, Indonesia kembali masuk final pada SEA Games 1997 saat berlangsung di Jakarta.
[Gambas:Video CNN]
Namun saat itu Indonesia kalah adu penalti dari Thailand dengan skor 2-4 setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Setelah meraih perunggu pada SEA Games 1999, Indonesia absen meraih medali hingga SEA Games 2009. Timnas Indonesia baru kembali menghentak pada SEA Games 2011 saat kembali berlangsung di Jakarta.

SEA Games: Mencari Pelipur Lara Lewat Emas Sepak Bola (fks)Indonesia harus puas dengan medali perunggu pada SEA Games 2017. (MOHD RASFAN / AFP)

Timnas Indonesia lolos ke babak final dan menghadapi Malaysia di partai puncak. Adu penalti kembali jadi mimpi buruk karena Indonesia harus tertunduk di hadapan Malaysia dan puas dengan capaian perak.

Skuat Garuda kembali harus puas dengan medali perak dua tahun kemudian karena kalah dari Thailand di babak final.

Indonesia gagal mendapat medali di SEA Games 2015 dan mengakhiri SEA Games terakhir dengan pencapaian medali perunggu.

Awal Bagus Timnas Indonesia di SEA Games 2019

Timnas Indonesia yang mengusung misi medali emas SEA Games 2019 berhasil memulai perjalanan mereka dengan sangat baik.

Menghadapi juara bertahan Thailand di laga pertama, Skuat Garuda berhasil mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-0.

Di laga kedua, Timnas Indonesia mampu menundukkan Singapura dengan skor 2-0.

Timnas Indonesia mengawali SEA Games 2019 dengan hasil bagus.Timnas Indonesia mengawali SEA Games 2019 dengan hasil bagus. (AP Photo/Aaron Favila)

Dalam dua laga tersebut, persiapan panjang skuat arahan Indra Sjafri berbuah manis. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan bisa mengaplikasikan keinginan pelatih di lapangan.

Dua kemenangan awal belum menggaransi Timnas Indonesia meraih emas karena sepasang kemenangan ini pun belum memastikan Indonesia lolos.

Namun melihat cara main yang ditunjukkan di dua laga awal, Timnas Indonesia telah membuktikan bahwa mereka bisa diharapkan. (ptr/jal)





berita olahraga