Menebak Pemenang Ballon d

Menebak Pemenang Ballon d’Or 2020 di Tengah Corona-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Penentuan siapa pemenang gelar pesepakbola terbaik dunia atau Ballon d’Or 2020 bakal jauh lebih mudah jika kompetisi Eropa terus dihentikan karena virus corona.

Lima kompetisi besar di Eropa di Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis sedang mati suri. Kompetisi di negara-negara tersebut tidak kuasa menahan ‘serangan mematikan’ virus corona.

Hal serupa juga terjadi di kompetisi Eropa. Gelaran Liga Champions dan Liga Europa ditunda karena keselamatan pemain dan penonton lebih penting ketimbang pertandingan antara dua tim di lapangan hijau.



Bukan hanya mayoritas kompetisi domestik Eropa, Liga Champions dan Liga Europa yang terkena imbas Covid-19. Ajang besar empat tahunan Piala Eropa 2020 bahkan ditunda hingga tahun depan demi memberikan waktu bagi liga-liga di Eropa merampungkan kompetisi mereka.
Menebak Pemenang Ballon d'Or 2020 di Tengah CoronaCristiano Ronaldo jadi calon kuat peraih Ballon d’Or 2020 jika kompetisi dihentikan. (Photo by Marco Bertorello / AFP)

Piala Eropa 2020 diundur ke Juni 2021 karena wabah virus corona yang kini jadi pandemik berdasarkan pernyataan badan kesehatan dunia WHO.

Pertanyaan pun muncul terkait soal siapa pesepak bola yang pantas berlabel Pemain Terbaik Dunia atau Ballon d’Or jika kompetisi dihentikan? Jawaban pertanyaan ini tidak sulit untuk ditebak.

Jika bukan Lionel Messi (Barcelona),  Cristiano Ronaldo (Juventus) yang akan jadi pemenang untuk kali kesekian tahun ini.

Lazimnya peraih gelar terbaik di dunia ditentukan oleh beberapa variabel. Mulai dari prestasi sang pemain di klub, di ajang Eropa, hingga di turnamen bergengsi antarnegara.

Jika ketiga variabel ini hilang, maka rapor sang pemain hingga kompetisi terhenti akan jadi kunci. Selain itu tentu sulit untuk ditepikan nama besar yang dimiliki pemain tersebut.

Messi dan Ronaldo masuk dua kategori ini. La Pulga dan CR7 tampil bagus di klub dan memiliki ketenaran melampaui pesepak bola hebat lain di planet ini.

Menebak Pemenang Ballon d'Or 2020 di Tengah Corona

Messi merupakan tumpuan utama Barcelona dengan 24 gol dan 16 assist di semua ajang. Sedangkan Ronaldo terbukti masih tajam dengan mengemas 25 gol meski tak lagi muda.

Persaingan memperebutkan gelar Pemain Terbaik Dunia sebenarnya bakal jauh lebih menarik apabila kompetisi top di Eropa, Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Eropa 2020 tetap berjalan sesuai skenario.

Jika hal ini yang terjadi pemain-pemain seperti Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Kevin De Bruyne (Manchester City), dan Robert Lewandowski (Bayern Munchen) bisa menganggu dominasi Messi serta Ronaldo dalam satu dekade terakhir.

Mbappe adalah pemain paling potensial yang bisa merebut gelar Pemain Terbaik Dunia 2020, di luar Messi dan Ronaldo. Mbappe sedang tampil bagus dan berpeluang besar meraih tiga gelar domestik.

[Gambas:Video CNN]

PSG masih di puncak klasemen Ligue 1 dan sudah sampai di final Coupe de la Ligue dan Coupe de France. Les Parisiens juga sudah memastikan tiket perempat final Liga Champions.

Jika Mbappe bisa membawa PSG juara di semua kompetisi, baik domestik maupun Eropa maka akan banyak pelatih dan pemain yang akan memilih penyerang berusia 21 itu sebagai Pemain Terbaik Dunia 2020. Mereka tidak akan punya alasan untuk tidak memilih pemain yang pertama kali mencuat bersama AS Monaco ini.

Sosok gelandang Manchester City Kevin De Bruyne juga patut mendapat perhatian. Meski kesulitan bersaing dengan Liverpool di Liga Inggris, The Citizens sebenarnya masih berpeluang meraih treble winners yakni juara Liga Champions, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

Gelar Piala Liga Inggris sudah berhasil diamankan De Bruyne. Penggawa timnas Belgia itu hanya perlu memastikan Man City Piala FA dan Liga Champions juga berhasil diraih tim asuhan Pep Guardiola.

Menebak Pemenang Ballon d'Or 2020 di Tengah Corona

Man City sudah sampai di babak perempat final Piala FA untuk menghadapi Newcastle United. Sedangkan di Liga Champions, De Bruyne dkk mengantongi keunggulan 2-1 atas Real Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions dan punya kans besar lolos ke fase selanjutnya.

Pemain terakhir yang bisa meramaikan bursa peraih gelar Pemain Terbaik Dunia andai kompetisi domestik dan Liga Champions tidak dihentikan adalah Robert Lewandowski. Penyerang asal Polandia itu masih punya kans meraih tiga gelar yakni Bundesliga, Liga Champions, dan DFB Pokal.

Sementara itu, para pemain Liverpool seperti Sadio Mane, Mohamed Salah maupun Virgil van Dijk diperkirakan akan sulit bersaing meraih gelar Pemain Terbaik Dunia 2020. Kendati diambang juara Liga Inggris, The Reds sudah tersingkir di Liga Champions, Piala FA, dan gagal juara Piala Liga Inggris. 

Kegagalan di ajang Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Champions membuat anak asuh Jurgen Klopp akan sulit untuk bisa bersaing dengan pemain-pemain top lain.

Selain itu kehebatan Liverpool musim ini lebih dititikberatkan pada kolektivitas permainan yang mumpuni, tidak lagi menonjol pada kemampuan individu semata. (har)





berita olahraga