Uruguay

Mengenang Insiden Suarez Gigit Chiellini-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

Insiden Luis Suarez menggigit bahu Giorgio Chiellini menjadi salah satu momen tak terlupakan di Piala Dunia 2014 Brasil.

Enam tahun lalu, tepatnya 24 Juni 2014, Suarez melakukan aksi tak terpuji saat menghadapi Chiellini saat Uruguay berhadapan dengan Italia di babak penyisihan grup.

Insiden itu terjadi pada menit ke-79. Saat itu, Suarez dan Chiellini tengah berebut posisi dalam situasi tanpa bola. Gesekan pun terjadi di antara kedua pemain.

Namun, Suarez secara tiba-tiba menggigit bagian belakang bahu kiri Chiellini. Bek Juventus itu spontan membalas dengan mengayunkan sikunya ke arah Suarez.

Keduanya kemudian terjatuh. Sementara Suarez memegangi giginya, Chiellini memegangi bagian belakang bahunya dan mencoba menunjukkannya kepada wasit Marco Rodriguez. Namun, tak ada kartu yang dikeluarkan.

Uruguay akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 lewat gol Diego Godin. Suarez dkk juga berhak melaju ke babak 16 besar bersama Costa Rica sementara Italia dan Inggris tersingkir.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Kala itu Suarez lolos dari hukuman wasit di lapangan namun tayangan ulang membuat FIFA menyatakan bersalah. Suarez akhirnya dihukum larangan bermain selama empat bulan, termasuk sembilan pertandingan internasional.

Suarez mengaku terpukul dengan sanksi yang diberikan FIFA. Bahkan ia harus mendatangi psikolog untuk membangkitkan mentalnya.

Ini merupakan sanksi penangguhan pertandingan terberat yang pernah terjadi dalam sejarah Piala Dunia. Selain itu, bintang Barcelona tersebut juga mesti membayar denda berkisar 66 ribu poundsterling.

Meski demikian, Chiellini ternyata bukan satu-satunya korban gigitan Suarez. Sebelumnya pemain yang kini membela Barcelona itu pernah melakukan hal serupa kepada Otman Bakkal dan Branislav Ivanovic.

(jun/sry)

[Gambas:Video CNN]





berita olahraga