Menpora Kagum Pengorbanan Besar Bob Hasan di Atletik

Menpora Kagum Pengorbanan Besar Bob Hasan di Atletik-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kagum terhadap pengorbanan besar Bob Hasan di dunia atletik Indonesia.

Bob Hasan meninggal dunia pada usia 89 tahun di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Selasa (31/3). Ia sempat dirawat intensif selama tiga bulan terakhir usai didiagnosa kanker paru-paru.

Menpora mengatakan terakhir kali berkomunikasi dengan Bob Hasan sekitar sebulan lalu. Ketika itu, ia menghubungi via telepon ketika Bob Hasan sedang berbobat di Thailand.



“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Pertama tentu Saya sangat berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Mohammad Bob Hasan,” ucap Menpora kepada CNNIndonesia.com.

Di mata Menpora, jasa Bob Hasan untuk olahraga Indonesia sangat luar biasa. Meski usianya tak lagi muda, Bob Hasan masih sering mampir untuk memantau latihan atletik di Stadion Madya, Senayan.

Salah satu atlet atletik berprestasi di era Bob Hasan.Lalu Zohri salah satu atlet atletik berprestasi di era Bob Hasan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

“Setelah saya tiga hari dilantik menjadi Menpora, saya mendatangi tempat pelatnas atletik yang sedang persiapan untuk ke SEA Games di Filipina. Di situ saya mengobrol lama dengan Pak Bob.”

“Beliau cerita panjang lebar tentang suka-duka mengurus cabor khususnya atletik. Kesan saya ketika itu bahwa hebat orang tua ini, sudah di usia yang sepuh seperti itu, beliau masih mau tiap hari hadir di lapangan Madya Senayan menemani pelatih, atlet, dan pengurus cabor,” tutur Zainudin.

Menpora Kagum Pengorbanan Besar Bob Hasan di Atletik

Menpora menilai, panggilan jiwa dan dedikasi Bob Hasan untuk olahraga Indonesia yang membuatnya setia mendampingi atlet berlatih di lapangan.

Bob Hasan merupakan Bapak Atletik Indonesia yang selama 44 tahun terakhir dipercaya sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

“Orang seusia beliau yang sudah sepuh seperti itu kebanyakan istirahat di rumah. Tapi Pak Bob Hasan tidak demikian, dengan segala pengorbanan dan pengabdiannya, sebagian besar hidup beliau didedikasikan untuk kemajuan olahraga Indonesia khususnya cabor atletik. Jasa Beliau untuk olahraga di Indonesia sangat luar biasa khususnya untuk cabor atletik,” ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]
Senada, Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengungkapkan bahwa sosok Bob Hasan merupakan contoh konkret dari sedikit orang di Indonesia yang mendedikasikan dirinya ke olahraga atletik.

Menurut Okto, antusiasme tinggi ditunjukkan Bob Hasan ketika menceritakan perkembangan terkini atletik Indonesia dan dunia.

“Pak Bob adalah contoh konkret orang yang mendedikasikan diri ke cabor atletik. Beliau panutan dan bapak bagi para atlet, pelatih, dan ofisial atletik.”

“Saat Pak Menpora bertemu Bob Hasan itu ada saya. Di situ sangat terlihat betapa antusiasnya beliau dengan atletik. Banyak pelajaran dan pengalaman hidup yang kita dapatkan dari beliau,” terang Okto. (TTF/jun)





berita olahraga