Khabib Beri Saran Ronaldo Soal Pensiun

Momen MU Pernah Tikung Liverpool Berebut Ronaldo-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Manchester United pernah berhasil menikung Liverpool dalam berebut pemain wonderkid atau pemain muda berbakat.

Ya, dua rival Liga Ingris itu pernah berebut Cristiano Ronaldo, wonderkid dari Sporting Lisbon.

Setan Merah yang akhirnya memenangkan perebutan Ronaldo. Klub yang kala itu masih ditangani Sir Alex Ferguson mengajukan nilai transfer yang jauh lebih tinggi dari The Reds.

Dikutip dari Liverpool Echo, saat itu MU mengajukan penawaran hingga 12,2 juta poundsterling atau setara Rp222 miliar kepada Sporting Lisbon. Angka itu membuat Liverpool memilih mundur dari persaingan.

Pelatih Liverpool saat itu, Gerard Houllier mengakui nilai tersebut dinilai tak masuk akal hanya untuk mendatangkan pemain dengan usia masih sangat muda. Dia menilai nilai transfer dan gaji terlalu tinggi bagi pemain muda saat itu bisa memengaruhi struktur jenjang gaji di The Reds.

Cristiano Ronaldo pernah diperebutkan MU dan Liverpool. (Cristiano Ronaldo pernah diperebutkan MU dan Liverpool. (AP Photo/Francisco Seco)

Mantan asisten Houllier, Phil Thompson, pernah mengatakan gaji yang diminta pihak Ronaldo kala itu pun dinilai tak masuk akal untuk pemain yang baru 18 tahun.
“Saya tanya soal gaji yang diminta mereka. Kemudian mereka mengatakan minta 1 juta poundsterling [Rp18 miliar] per tahun setelah dipotong pajak,” kata Thompson kala itu.

Gagal mendapatkan Ronaldo, Liverpool pun beralih bidikan. Mereka kemudian mendapatkan dua pemain muda asal Prancis, Anthony Le Tallec dan Florent Sinama-Pongolle dari Le Havre.

Momen MU Pernah Tikung Liverpool Berebut Ronaldo

Le Tallec dan Sinama-Pongolle gagal bersinar di The Reds. Berbeda dengan Ronaldo yang mampu ikut menjadikan MU sebagai tim paling menakutkan di Eropa kala itu.

Uniknya, Ronaldo pernah mengakui bahwa sebenarnya dia lebih tertarik bergabung bersama Liverpool.

“Liverpool adalah salah satu klub raksasa di Inggris dan merupakan impian bagi semua pemain menjadi bagian dari tradisi klub itu. Saya berharap mereka membuat penawaran yang bagus bagi Sporting [Lisbon] dan saya,” ujar Ronaldo kala itu dikutip dari Liverpool Echo.

“Liga Inggris sebenarnya bukan salah satu liga favorit saya, tapi tetap sangat menarik. Saya rasa cara saya bermain akan cocok di Liga Inggris. Jika pemain memiliki kualitas, dia bisa bermain di manapun.” (bac/nva)





berita olahraga