Repsol Honda Team

MotoGP Spanyol 2020, Menanti Rival Sejati Marquez-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

MotoGP 2020 bakal dimulai dengan MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (18/7). Dalam jadwal yang padat tujuan utama pembalap MotoGP: coba mengakhiri dominasi Marc Marquez.

Marquez menunjukkan dominasi kuat di ajang MotoGP. Sejak naik kelas ke MotoGP pada 2013, Marquez sukses merebut enam gelar juara dunia MotoGP. Hanya satu kali Marquez gagal jadi juara dunia, yaitu di MotoGP 2015.

Tak mudah untuk bisa meruntuhkan dominasi Marquez. Pada musim lalu, Marquez tampil konsisten di seluruh seri yang ia mainkan dan finis dua besar di seluruh seri, kecuali saat kecelakaan di MotoGP Amerika Serikat.

Kini Marquez mendapatkan tantangan luar biasa untuk mempertahankan dominasinya. MotoGP 2020 adalah momen luar biasa bila dibandingkan musim-musim sebelumnya.

Lantaran pandemi Corona, MotoGP 2020 sejauh ini dipastikan berlangsung selama 13 seri. Itu berarti persaingan bakal makin kompetitif di tiap serinya.

Repsol Honda Team's Spanish rider Marc Marquez rides his bike during the second day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 8, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)Marc Marquez menjadi favorit juara MotoGP 2020. (Mohd RASFAN / AFP)

Selain hanya berlangsung 13 seri yang dibuka dengan MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez, jadwal MotoGP 2020 terbilang padat karena hanya berlangsung dari Juli hingga November.

Di atas kertas pembalap yang bisa menyaingi Marquez tentu pembalap pabrikan seperti duet Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi serta Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci dari Ducati.

Rossi dibekali motivasi musim terakhir bersama Yamaha. Bila melewatkan kesempatan ini, Rossi bisa jadi tak akan punya peluang bagus untuk menjadi juara dunia di musim berikutnya jika ia memutuskan tetap bertarung di MotoGP.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Dovizioso juga bakal termotivasi untuk mengalahkan Marquez karena musim ini juga bisa jadi musim terakhir Dovizioso di Ducati.

Dari sisi teknis, Vinales adalah calon kuat sebagai rival Marquez. Vinales mulai bisa tampil gemilang di akhir musim lalu dan makin menyatu dengan Yamaha.

Nama Fabio Quartararo juga tak bisa dikecilkan begitu saja dari perburuan gelar juara dunia. Meski masih menunggangi motor tim satelit, Quartararo terbukti bisa menandingi Marquez di beberapa seri musim lalu.

Marquez tetap bakal berada di urutan terdepan sebagai pembalap yang paling difavoritkan, namun Marquez mesti waspada penuh lantaran banyaknya pembalap yang siap memanfaatkan kesalahan yang ia lakukan.

Live streaming MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com, dan siaran langsung balapan di Trans7.

Selamat menikmati MotoGP!

(ptr/har)

[Gambas:Video CNN]





berita olahraga