PSSI Bantah Shin Tae-yong Batal Latih Timnas Indonesia

Negosiasi Latih Timnas Indonesia Hampir Rampung-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, memberikan sinyal negosiasi melatih Timnas Indonesia hampir selesai.

Dilansir media Korsel Hankook Ilbo, Tae-yong mengungkapkan pembicaraan dengan PSSI untuk menukangi tim Merah Putih mendekati titik akhir.

“Hampir selesai. Saya melihat kemungkinan itu [melatih Timnas Indonesia],” ujar Tae-yong.

Tae-yong: Negosiasi Latih Timnas Indonesia Hampir RampungTimnas Indonesia masih menunggu pelatih baru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Pernyataan Tae-yong memberi indikasi bahwa ia merupakan pelatih berikutnya yang akan menukangi Timnas Indonesia. Posisi tersebut saat ini lowong seiring dipecatnya Simon McMenemy karena hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sebelumnya anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Haruna Soemitro mengklaim PSSI sudah memutuskan pelatih baru Timnas Indonesia usai digelarnya rapat Exco pada Senin (16/12) lalu.

[Gambas:Video CNN]
Namun, Haruna enggan menyebutkan sosok pelatih yang dipilih PSSI. “Rapat Exco PSSI sudah dan keputusannya [pelatih Timnas Indonesia] juga sudah,” kata Haruna kepada CNNIndonesia.com.

PSSI sebelumnya menyebut ada dua kandidat pelatih Timnas Indonesia. Selain Tae-yong, PSSI juga menempatkan nama juru racik formasi asal Spanyol, Luis Milla.

Tae-yong: Negosiasi Latih Timnas Indonesia Hampir Rampung

Kedua pelatih ini juga sudah melakukan presentasi program di hadapan anggota Exco PSSI, beberapa waktu lalu. Tae-yong memaparkan program di Malaysia pada 19 November, sedangkan Milla melakukan hal yang sama di Filipina pada 30 November.
Jika Tae-yong akhirnya dipilih maka PSSI mengikuti jejak Vietnam yang mempercayakan posisi pelatih pada pria asal Korsel. Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) hampir dua tahun terakhir memakai jasa Park Hang-seo.

Kehadiran mantan asisten Guus Hiddink di timnas Korsel itu berhasil menghadirkan prestasi untuk sepak bola Vietnam. Hang-seo mengantarkan Vietnam juara Piala AFF 2018 dan Vietnam U-23 meraih medali emas SEA Games 2019.





berita olahraga