Penjualan Coutinho Kunci di Balik Kejayaan Liverpool-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — CEO Liverpool, Peter Moore, menyatakan penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona jadi kunci di balik kejayaan tim kota pelabuhan dalam dua tahun terakhir.

Moore menjelaskan Liverpool saat ini sulit dikalahkan. Bahkan, The Reds sudah setahun tidak kalah di Liga Inggris.

Liverpool juga belum tersentuh kekalahan di Liga Inggris musim ini. Skuat asuhan Jurgen Klopp berpeluang besar menyamai rekor Arsenal yang tidak sekalipun kalah di musim 2003/2004.

“Saat Coutinho pergi terjadi perubahan. Bukan hanya struktur tim tetapi juga cara kami bermain,” ujar Moore dilansir Sport.

Penjualan Coutinho Kunci di Balik Kejayaan LiverpoolVirgil van Dijk jadi salah satu pembelian sukses Liverpool. (AP Photo/Jon Super)

“Tanpa bermaksud tak menghormati Philippe, tetapi dia punya gaya main yang berbeda. Uang yang kami dapat dari Barcelona [penjualan Coutinho] kemudian membantu untuk merekrut Alisson Becker.”

Liverpool berhasil membentuk skuat tangguh berkat dana hasil penjualan Coutinho pada Januari 2018.

Perekrutan pemain diawali dengan mendatangkan Virgil van Dijk dari Southampton dengan transfer 70 juta poundsterling pada bursa transfer Januari 2018. Setelah itu, pihak klub merekrut Alisson Becker (AS Roma) hingga Fabinho (AS Monaco) untuk memperkuat tim pada bursa transfer awal musim 2018/2019.

Penjualan Coutinho Kunci di Balik Kejayaan Liverpool

Kedatangan para muka baru ini terbukti membuat skuat Liverpool makin komplet. Di akhir musim 2018/2019, anak asuh Klopp berhasil mengangkat trofi Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur.
Pada Desember 2019 lalu, para penggawa Liverpool juga baru saja merengkuh gelar Piala Dunia Antarklub. Saat ini, tim yang bermarkas di Stadion Anfield di ambang gelar Liga Inggris yang terakhir kali diraih 30 tahun silam.

Peluang meraih trofi Liga Inggris sangat terbuka karena Liverpool unggul 22 poin dari Manchester City yang menempati posisi kedua klasemen sementara.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jun)





berita olahraga