Pep Guardiola Curigai Mahrez Pakai Doping-Spekta Sports

Pep Guardiola Curigai Mahrez Pakai Doping

Manchester City berhasil mengalahkan Liverpool pada laga Community Shield yang digelar pada Minggu (04/08). Man City menang lewat adu penalti dengan skor 4-5. Pada waktu normal hingga babak tambahan, kedua kesebelasan bermain imbang 1-1 setelah gol Raheem Sterling pada menit ke-12 dibalas gol Joel Matip pada menit ke-77.

Tapi ada satu hal yang menjadi sorotan pada laga tersebut. Man City tidak menyertakan nama pemain Tim Nasional Aljazair, Riyad Mahrez, pada laga yang digelar di Stadion Wembley itu. Padahal eks pemain Leicester City tersebut sudah kembali dari liburan dan bergabung dengan tim.

Usai pertandingan, manajer Man City, Pep Guardiola, membeberkan alasan Mahrez yang tak menjadi bagian dari tim pada malam tersebut. Ternyata Mahrez sebenarnya siap bermain, tapi Pep mencurigai pemainnya itu menggunakan doping. Pep tidak memainkan Mahrez karena takut pemainnya itu gagal tes doping.

“Riyad [Mahrez] menghubungiku setelah menjadi juara [Piala Afrika] bersama Aljazair dan dia mengatakan ingin kembali dalam 10 hari untuk bermain melawan Liverpool. Aku bilang dia akan kami sambut,” ujar Pep seperti yang dikutip Goal.

“Tapi kami tidak tahu obat apa yang dia minum, jadi kontrol doping hari ini akan jadi risiko buatnya. Para dokter tim tidak tahu, itulah alasan dia tidak dimainkan [melawan Liverpool].”

Perlu diketahui, tak sedikit pesepakbola yang tidak tahu bahwa obat peningkat performa yang mereka konsumsi sebenarnya mengandung zat terlarang untuk atlet. Pada 2016, bek asal Perancis, Mamadou Sakho, pernah dihukum lantaran mengonsumsi obat pembakar lemak. Sementara itu eks pemain Man City, Kolo Toure, pernah dihukum larangan bermain selama 6 bulan karena mengonsumsi pil diet milik istrinya.

Pep juga pernah diduga menggunakan doping saat masih berkarier sebagai pemain. Pada 2001, ketika dia baru memulai karier bersama Brescia, dia positif menggunakan zat steroid anabolik jenis nandrolone yang dilarang dikonsumsi oleh atlet. Walau kemudian FIGC sempat memulihkan nama Pep Guardiola yang sebenarnya tidak menggunakan doping, tapi pria asal Spanyol itu sempat menjalani hukuman larangan bermain selama 4 bulan.


Baca juga: Guardiola, Doping, dan Kerasnya Sepakbola Italia

Tampaknya karena pengalaman tersebut Pep khawatir jika Mahrez juga secara tidak sengaja mengonsumsi doping. Mahrez pun saat ini belum sepenuhnya aman dari ancaman tes doping. Karenanya Pep mulai harap-harap cemas bahwa pemain yang dibeli City dengan harga 60 juta paun itu bisa terbebas dari doping dalam waktu singkat.

“Seseorang yang kurang istirahat, tapi bisa mendapatkan menit bermain yang banyak [di Piala Afrika]. Kami tidak bisa mengambil risiko itu karena para dokter tidak tahu obat apa tepatnya yang ia minum atau apa yang terjadi. Kami harap, pertandingan berikutnya melawan West Ham dan di masa depan, semuanya akan berjalan normal.”

foto: skysports.com

[ar]





berita olahraga