Data dan Fakta Jelang UEA vs Timnas Indonesia

Peringkat Indonesia di FIFA Makin Merosot-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Timnas Indonesia terus mengalami kemerosotan peringkat di FIFA usai gagal meraih kemenangan dalam sejumlah pertandingan pada Oktober ini.

Indonesia melakoni dua laga penting pada bulan ini. Kedua pertandingan terjadi di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Meski demikian, Tim Merah Putih gagal memetik kemenangan dalam dua partai tersebut.

Ketika bertandang ke markas Uni Emirat Arab di Stadion Al-Maktoum, Indonesia dibantai 0-5 dalam laga ketiga di Grup H, Kamis (10/10).

Hasil serupa didapat tim asuhan Simon McMenemy saat melakoni laga kandang ketiga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (15/10), Indonesia dipermalukan Vietnam 1-3.

Dua hasil buruk itu menempatkan Indonesia di dasar klasemen sementara Grup H tanpa meraih poin dari empat laga. Selain itu, Skuat Garuda juga jadi tim yang paling banyak kebobolan di grup tersebut dengan 14 gol dan hanya bisa mencetak 3 gol.

Timnas Indonesia menelan empat kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2022.Timnas Indonesia menelan empat kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Dua kekalahan itu tidak saja memperkecil peluang Indonesia lolos ke babak berikutnya, tetapi juga membuat posisi Tim Merah Putih di peringkat FIFA makin melorot.

[Gambas:Video CNN]
Dalam peringkat terbaru FIFA yang dirilis pada Kamis (24/10), Indonesia menempati posisi ke-171, atau turun empat peringkat dari rilis pada 19 September yang berada di posisi ke-167.

Peringkat Indonesia di FIFA Makin Merosot

Sejak rilis pada Juli lalu, Indonesia terus terjun bebas di peringkat FIFA. Dalam pengumuman peringkat pada bulan Juli, Indonesia bertahan di posisi ke-160. Tetapi pada rilis 15 September, Indonesia turun ke peringkat ke-167 dan di Oktober ini kembali merosot ke-171.
Pada peringkat Oktober ini, Indonesia disalip Nepal yang ada di posisi ke-167. Tim-tim Asia Tenggara lain yang berada di atas Indonesia pada bulan ini adalah: Singapura (159), Malaysia (158), Myanmar (147), Filipina (126), Thailand (109), dan Vietnam di posisi ke-97. (sry/bac)





berita olahraga