Persani Bantah Coret Atlet ke SEA Games karena Tak Perawan

Persani Bantah Coret Atlet ke SEA Games karena Tak Perawan-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) memastikan pencoretan atlet Shalfa Avrila Siani ke SEA Games 2019 tak berkaitan dengan masalah keperawanan.

Ketua Umum PB Persani, Ita Yuliati, terkejut dengan berita yang viral pada Jumat (29/11). Menurutnya pencoretan Shalva murni karena penurunan prestasi yang dialami atlet asal Kota Kediri tersebut.

“Semua berdasarkan hasil kejurnas, promosi-degradasi, control training, dan performa atlet,” tegas Ita pada saat konferensi persi di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jumat (29/11) siang.

“Dilakukan control training dari PB Persani ke pelatnas. Shalfa penurunannya cukup signifikan sekitar 1,4, dan satu saja penurunan itu sudah sangat signifikan,” sambungnya.

[Gambas:Video CNN]
Ita juga menjelaskan prestasi dua emas, satu perak, dan dua perunggu di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) menjadi dasar pemberangkatan Yogi ke SEA Games 2019.

“Jelang entry by name kami gelar Kejurnas pada November. Hasilnya, prestasi Shalfa menurun drastis jadi ranking 37. Sedangkan Yogi ranking tiga. Jadi dengan demikian PB melihat potensi Yogi untuk dimasukkan ke dalam tim SEA Games lebih memungkinkan karena kami sangat memperhatikan prestasi atlet,” ujar Ita.

Dalam komunikasi dengan Kemenpora dan pimpinan rombongan SEA Games, Ita juga menjelaskan PB Persani selalu mengedepankan prestasi atlet sebagai dasar pemilihan atlet untuk mewakili Indonesia di ajang internasional.

Persani Bantah Coret Atlet ke SEA Games karena Tak Perawan

Ita berharap pemberitaan yang viral mengenai pencoretan atlet lantaran masalah keperawanan tidak mengganggu fokus dan konsentrasi atlet yang berlaga di SEA Games 2019.

Pada pesta olahraga Asia Tenggara ke-30, senam menjadi salah satu cabang olahraga yang ditarget meraih medali, tepatnya dari nomor trio dan mix pairs. Atlet-atlet Merah Putih diprediksi bakal mendapat saingan dari pesenam asal Thailand dan Vietnam. (ttf/bac)





berita olahraga