Klasemen Liga 1 2019 Usai Persebaya Kalahkan Badak Lampung

Persebaya vs Persik Diagendakan Buka Liga 1 2020-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Laga Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri direncanakan jadi pembuka kompetisi Liga 1 2020 pada 29 Februari mendatang.

Duel kedua tim sesuai draf jadwal Liga 1 2020 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Laga ini mempertemukan tim yang finis kedua di Liga 1 2019 dengan Persik yang jadi juara Liga 2 musim lalu.

“Jadi kick off agendanya akan kita gelar di Surabaya dengan pertimbangan. Tadinya Persik bertemu Bali United, tetapi Bali United tidak siap karena ada agenda pertandingan di Piala AFC,” ujar Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sujarno.

“Jadi disarankan ke kami untuk tidak dimainkan di kick off pertama [Bali United vs Persik]. Sehingga kami pertemukan juara Liga 2 dengan peringkat kedua, Persebaya,” ia melanjutkan.

[Gambas:Video CNN]

Bali United memang tampil di Piala AFC 2020 setelah tersingkir di babak kualifikasi Liga Champions Asia. Juara Liga 1 2019 itu akan melakoni laga kedua Grup G Piala AFC pada 25 Februari.

Skuat asuhan Stefano Teco akan melakoni laga tandang ke markas klub Kamboja, Preah Khan Reach Svay Rieng FC.

Persebaya vs Persik Diagendakan Buka Liga 1 2020

Di sisi lain, Direktur LIB, Cucu Somantri mengungkapkan alasan Liga 1 2020 digelar pada 2019. Cucu berharap kick off Liga 1 2020 yang lebih cepat ketimbang musim lalu dapat membuat pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia lebih bugar.

Hal ini dikarenakan agenda pertandingan setiap tim lebih ideal dan para pemain punya waktu yang cukup untuk memulihkan kondisi.

“Pertimbangan pertama supaya pembinaan berjalan optimal untuk menghasilkan pemain timnas yang lebih siap. Selama ini kan mengeluh kelelahan saat dipanggil timnas karena jadwal liga padat. Makanya kita majukan,” kata Cucu.

“Pertimbangan kedua, kita ada FIFA matchday dan agenda yang kita agendakan supaya tidak bertabrakan. Ada [Piala] AFF di November, di mana liga sudah selesai. Jadi saat pemanggilan timnas sudah disiapkan [pemain].” (TTF/jal)





berita olahraga