Pesan Bepe pada Ismed: Mainlah Sampai Umur 50

Pesan Bepe pada Ismed: Mainlah Sampai Umur 50-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Striker Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, menitipkan pesan buat sobat karibnya, Ismed Sofyan. Setelah memastikan pensiun, Bepe mendukung Ismed bermain hingga mencapai 50 tahun.

Itu diungkapkan Bepe, sapaan akrab Bambang, di sesi konferensi pers usai Persija dikalahkan Persebaya Surabaya 1-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (17/12).

“Saya sempat menulis di baju, jangan sedih boy (Ismed Sofyan) cari teman sekamar yang baru. Mainlah sampai umur 50,” ucap Bepe kepada wartawan.

Bepe mengatakan sebenarnya punya rencana untuk pensiun bareng bersama Ismed. Namun ia mengaku tubuhnya sudah tidak merespons lagi untuk lebih lama meniti karier di lapangan hijau.

“Kalau bisa dibandingkan cedera saya paling banyak dalam 10 tahun terakhir. Ini waktu yang tepat [untuk pensiun]. Persija sekarang juga ada [Marko] Simic dan tak ada keraguan [atas kemampuan Simic],” jelasnya.

Pesan Bepe pada Ismed: Mainlah Sampai Umur 50Suporter memadati laga perpisahan Bambang Pamungkas dengan Persija Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Laga pemungkas Bepe bersama Persija di kandang harus ternodai lantaran Macan Kemayoran kalah 1-2 dari Persebaya Surabaya. Meski begitu, ia menyebut tidak memikirkan skor akhir.

Bepe juga hanya diberi kesempatan bermain di 15 menit terakhir jelang laga berakhir. Ia menggantikan Sandi Sute di menit ke-75.

“Apapun hasilnya. Saya pikir saya tidak memikirkan hasilnya. Pada akhirnya saya bisa merasa lega karena bisa mengakhiri karier dengan baik walaupun hasilnya tidak baik, tapi cukup wajar,” ungkap Bepe yang telah dua kali mempersembahkan gelar juara buat Persija, yakni pada 2001 dan 2018.

[Gambas:Video CNN]
Pemain yang mengakhiri kariernya di usia 39, atau setelah 20 tahun berkarier, justru mengapresiasi sambutan supporter Persija yang luar biasa.

“Itu tanda saya sangat dicintai disini. Saya merasa bahwa saya sudah mengatakan dengan baik. Jangan buat saya nangis di lapangan,” sebut Bepe.

Setelah resmi pensiun, Bepe belum menyebut langkah yang bakal diambil ke depan. Ia mengatakan bahwa tidak akan terlalu jauh, tapi juga tidak terlalu dekat dengan sepak bola.

Pesan Bepe pada Ismed: Mainlah Sampai Umur 50

Bahkan, Bepe juga tidak memilih untuk mengambil lisensi kepelatihan seperti yang dilakukan sahabatnya, Ismed.

“Kita lihat nanti [mau apa ke depannya]. Sampai saat ini saya belum tertarik untuk menggeluti jadi pelatih. Ada sih tertarik ketika melihat teman. Tapi untuk saat ini minimal beberapa bulan ini saya mau menikmati dulu [masa pensiun],” ujar Bepe. (TTF/nva)





berita olahraga