Cristiano Ronaldo kini wajib membawa Portugal untuk menang atas Luksemburg untuk memastikan tiket ke putaran final Piala Eropa 2020. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Portugal Pembuat Grup Neraka di Piala Eropa 2020-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Juara bertahan Portugal hanya ada di pot 3 dan hal ini membuat mereka bakal jadi negara pemicu terciptanya grup neraka di Piala Eropa 2020.

Portugal ditempatkan di pot 3 setelah lolos dengan status runner up. Portugal berada di pot 3 bersama Turki, Denmark, Austria, Swedia, dan Rep.Ceko.

Dibandingkan nama-nama lain, Portugal jelas jadi negara paling kuat di pot tersebut. Kehadiran Cristiano Ronaldo yang mampu jadi pembeda adalah faktor utama kekuatan Portugal.

Negara mana pun yang berasal dari pot 1 dan pot 2 yang bergabung dengan Portugal di penyisihan grup berpotensi menciptakan grup neraka.

Belanda ada di pot 2 dan jadi salah satu tim yang diwaspadai.Belanda ada di pot 2 dan jadi salah satu tim yang diwaspadai. (AP Photo/Peter Morrison)

Pada pot 1 terdiri dari negara-negara juara grup yang tampil gemilang di babak kualifikasi yaitu Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, dan Ukraina.

Di pot 2 terdapat Prancis, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda, dan Rusia. Prancis dan Belanda tentu bakal jadi negara paling dihindari oleh negara-negara lainnya.
[Gambas:Video CNN]
Dari pembagian tersebut, maka ada sejumlah skema grup neraka. Paling utama adalah bila Prancis atau Belanda berada satu grup dengan Portugal, plus satu negara dari pot 1.

Pembagian Pot Piala Eropa

Pot 1
Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, Ukraina

Pot 2
Prancis, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda, Rusia

Pot 3
Portugal, Turki, Denmark, Austria, Swedia, Rep. Ceko

Pot 4
Wales, Finlandia, empat pemenang play-off (ptr/jal)





berita olahraga