Potensi Masalah Kontrak Pemain di Tengah Virus Corona

Potensi Masalah Kontrak Pemain di Tengah Virus Corona-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — FIFA sedang memantau dampak penundaan jadwal pada kontrak dan pendaftaran pemain dalam situasi krisis virus corona.

Tidak sedikit pemain yang akan habis kontrak pada 30 Juni, termasuk beberapa pemain top seperti Odion Ighalo di Manchester United, David Silva di Manchester City, Willian di Chelsea, serta Jan Vertonghen di Tottenham Hotspur. Sementara dengan penundaan jadwal seperti saat ini, liga dipastikan molor.

UEFA sebelumnya menargetkan liga-liga di Eropa bisa tuntas pada 30 Juni, namun semua belum pasti lantaran virus corona yang masih mengganjal berbagai aktivitas manusia.



“FIFA menganalisis situasi saat ini dan dampak potensial yang mungkin timbul di berbagai area dalam sepak bola, termasuk kontrak pemain. Informasi lebih lanjut akan menyusul pada waktunya,” kata juru bicara FIFA dikutip dari Sky Sports.
Corona Bikin Pemain Bintang Terkatung-katung di Akhir MusimJan Vertonghen bakal habis kontrak di Tottenham Hotspur pada 30 Juni 2020. (Toby Melville)

Jika mengacu pada kalender normal, Liga Inggris membuka bursa transfer tengah tahun pada 10 Juni dan menutupnya pada 1 September.

Setiap anggota FIFA harus menetapkan dua periode registrasi pada setiap musim. Hingga kini Asosiasi Sepak bola Inggris (FA) belum mengumumkan perubahan bursa transfer tengah tahun.

Direktur Utama Southampton Martin Semmens menilai jika Liga Inggris tetap berlangsung hingga melewati jangka waktu kontrak seorang pemain maka tidak akan menimbulkan masalah besar.

Corona Bikin Pemain Bintang Terkatung-katung di Akhir Musim

“Kami berharap liga bisa selesai pada akhir Juni. Begitu melewati tanggal tersebut ada tantangan hukum. Jika kami akhirnya bermain sampai 15 Juli, Anda harus memperpanjang kontrak pemain hingga dua pekan. Saya percaya bukan tantangan substansial meyakinkan pemain untuk bermain dua minggu lagi.”

“Tantangannya adalah memastikan kami tidak memiliki efek lanjutan ke musim berikutnya dan membuat sepak bola dikompromikan pada tahun-tahun mendatang,” kata Semmens dikutip dari AS.

Corona Bikin Pemain Bintang Terkatung-katung di Akhir Musim

Pihak lain yang harus dilibatkan menghadapi situasi ini, selain klub dan pemain, adalah agen pemain yang tak ingin dirugikan seandainya kliennya cedera dalam menyelesaikan kontrak jangka pendek untuk mengakhiri musim ini.

Sebelumnya sudah dilakukan berbagai macam langkah untuk beradaptasi dengan pandemi virus corona di ajang sepak bola seperti pengunduran jadwal Piala Eropa dan Copa America.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)





berita olahraga