PSSI Akan Bikin ‘Fatwa’ Atasi Masalah Stamina 20 Menit Timnas-Spekta Sports

PSSI Akan Bikin

Jakarta, CNN Indonesia — Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule berencana mengeluarkan ‘fatwa’ buat pemain Timnas Indonesia untuk mengatasi masalah stamina yang hanya kuat selama 20 menit. 
Aturan itu bakal meliputi ihwal makan sampai penggunaan media sosial. Hal tersebut diungkapkan Iwan Bule usai melaporkan perkembangan terkini persiapan Piala Dunia U-20 2021 kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Selasa (10/3).

“Kami akan membuat regulasi mungkin minggu depan sudah jadi. Isinya di antaranya, itu disiplin waktu, makanan, penggunaan media sosial dan sebagainya. [Sanksi] nanti kami akan mengarah ke sana,” kata Iwan Bule kepada wartawan.


Ketua PSSI Mochamad Iriawan menghargai hak khususu Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. (Ketua PSSI Mochamad Iriawan menghargai hak khususu Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Iwan Bule menyebut sudah menyampaikan larangan kepada pemain untuk tidak memakan gorengan. Bahkan, lanjutnya, mungkin juga pembatasan media sosial yang dianggap sangat mengganggu fokus para pemain.
“Saya mendukung maksimal apa yang dilakukan Shin Tae Yong untuk kemajuan Timnas Indonesia. Kami hargai Shin Tae Yong, dia profesional. Mereka mempunyai hak khusus dalam melatih,” ujarnya.

Sebelumnya, Shin Tae Yong sempat menyebut bahwa para pemain Timnas Indonesia hanya kuat bermain selama 20 menit. Itu merupakan evaluasi yang dikeluarkan pelatih asal Korea Selatan itu usai menggelar pemusatan latihan buat Skuat Garuda di Jakarta pertengahan Februari lalu.

Pemain Timnas Indonesia Makan Sembarangan Bisa Kena Sanksi

Iwan Bule juga mengaku sudah berdiskusi dengan Shin Tae Yong selama tiga jam untuk membahas lebih lanjut terkait persiapan Timnas Indonesia. Termasuk mencari solusi atas permasalahan kebugaran fisik yang dimiliki para pemain.

“Mohon dimengerti, apabila nanti nama yang sudah besar tapi tidak masuk Timnas. Shin Tae Yong tidak melihat nama, tapi bagaimana melihat kondisi fisik.”

“Mereka mempunyai alat ukur yang bisa melihat fisik seorang pemain supaya bisa ditingkatkan lagi. Saya tanya ke pemain dengan latihan Shin Tae Yong mereka cukup enjoy,” jelas Iwan Bule. (TTF/bac)





berita olahraga