PSSI Respons Isu Jual-Beli Posisi Manajer Timnas U-19

PSSI Ingin Timnas Indonesia Juara Piala Dunia U-20-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

PSSI mengubah target untuk Timnas Indonesia di ajang Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 2023 mendatang setelah rencana di tahun 2021 dibatalkan FIFA.

Dalam rilis resmi pada Kamis (24/12), FIFA membatalkan turnamen Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 2021 nanti karena pandemi virus corona.

Meski demikian, Indonesia yang akan menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 dan Peru untuk Piala Dunia U-17 akan tetap bertindak sebagai penyelenggara turnamen besar itu pada 2023 nanti.

Dimundurkannya pagelaran Piala Dunia U-20 pada tiga tahun ke depan sejak saat ini, memberikan keuntungan bagi Timnas Indonesia dari sisi persiapan, karena akan lebih panjang.

Hal itu juga yang disikapi PSSI dengan menaikkan target di Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang menjadi juara. Sebelumnya, PSSI hanya menargetkan Timnas Indonesia U-19 yang awalnya akan berlaga di Piala Dunia U-20 pada 2021 sampai perempat final atau babak 8 besar.

“Menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2021, Timnas yang akan kami persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2023,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari situs resmi.

[Gambas:Video CNN]

“Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti bisa menjadi juara,” ucap Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule menambahkan.

Meski demikian, sampai sejauh ini belum ada keterangan resmi dari PSSI mengenai Timnas Indonesia mana yang akan diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

GIF Banner Promo Testimoni

Saat ini Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae Yong yang diproyeksikan ke Piala Dunia U-20 pada 2021. Akan tetapi jika merujuk pada kelompok umur U-20, maka Timnas Indonesia U-16 yang kini ditangani Bima Sakti lebih berpeluang untuk 2023 mendatang.

Sementara, hanya sebagian dari pemain Timnas U-19 saat ini yang berdasarkan usia masih bisa disertakan ke Piala Dunia U-23 pada 2023.

Persiapan Timnas Indonesia U-19 sendiri dalam rencana berangkat ke Spanyol untuk pemusatan latihan pada Sabtu (26/12). Pelatih Shin Tae Yong menyertakan 30 nama pemain untuk berlatih di Negeri Matador.

“Kami memilih 30 pemain untuk dibawa ke Spanyol. Pemain saat ini dalam kondisi bagus dan terus mengalami perkembangan yang positif setiap harinya. Saya yakin selama di Spanyol, fisik, teknik, dan permainan Timnas U-19 akan makin meningkat,” kata Shin Tae Yong.

(sry)






berita olahraga