Ketua Umum PSSI terpilih Mochamad Iriawan memberikan keterangan pers saat jeda Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

PSSI Pastikan Lanjutan Liga 1 2020 Dimulai Oktober-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

PSSI memastikan lanjutan kompetisi Liga Indonesia termasuk Liga 1 2020 hingga dua jenjang di bawahnya akan dimulai Oktober mendatang.

Kompetisi sepak bola di seluruh jenjang terpaksa dihentikan pada Maret 27 2020 akibat pandemi virus corona yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

PSSI beserta stakeholder sepak bola nasional, termasuk perwakilan klub, asosiasi pemain (APPI), dan asosiasi pelatih (APSSI) sudah berdiskusi soal kelanjutan kompetisi.

“Saya sebagai Ketua Umum PSSI telah mendengarkan masukan AFC, FIFA, dan pemerintah lewat rapat virtual,” kata Ketua PSSI Mochamad Iriawan, Minggu (28/6).

“Dengan berbagai pertimbangan, PSSI mengeluarkan SK terbaru tanggal 27 Juni, kompetisi Liga 1 hingga Liga 2 dan 3 akan kembali kita gulirkan mulai Oktober,” sambungnya.

GIF Banner Promo Testimoni

Ketetapan lanjutan kompetisi tertuang dalam Surat Keputusan SKEP/53/VI/2020, yang mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Iriawan menambahkan, terkait hal-hal yang belum termasuk dalam Surat Keputusan ini tentang pelaksanaan Kompetisi Tahun 2020 akan diatur kemudian dalam ketentuan terpisah.

Meski demikian, dalam penyelenggaraannya kompetisi sepak bola akan memperhatikan ketentuan protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

“Kita perlu melakukan kampanye lewat sepak bola bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dan belajar dengan situasi ‘New Normal’ dengan menjalankan protokol kesehatan. Lewat kompetisi sepak bola adalah kampanye yang baik bagi dunia luar,” tegasnya.

Selain itu, bergulirnya kembali kompetisi juga dimaksudkan untuk kepentingan Timnas U-19 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

“Saat mereka tidak menjalankan training centre (TC), para pemain bisa berkompetisi di klub mereka masing-masing, baik Liga 1 dan Liga 2, karena pada umumnya mereka sudah milik klub,” terangnya.

(TTF/jun)

[Gambas:Video CNN]





berita olahraga