Pacquiao: Ramai Kisruh SEA Games 2019 Bisa Ganggu Atlet

Ramai Kisruh SEA Games 2019 Bisa Ganggu Atlet-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Petinju dunia asal Filipina, Manny Pacquiao, ikut angkat bicara soal sengkarut penyelenggaraan SEA Games 2019 di negara itu yang dinilai berantakan.

Pacquiao mengatakan masalah kekacauan SEA Games di Filipina yang selalu dibahas bisa mengganggu persiapan para atlet.

“Jika kita terus saja bicara tentang masalah-masalah, tidak akan membantu persiapan para atlet. Saya pikir masalah ini bisa mengganggu fokus para atlet.”

“Apabila memang ada sejumlah masalah, mari kita bicarakan saja setelah SEA Games ini berakhir,” kata Pacquiao dikutip dari CNN Filipina.

Para pemain Timnas Indonesia sempat tak sengaja makan babi. (Para pemain Timnas Indonesia sempat tak sengaja makan babi. (AP Photo/Aaron Favila)

Petinju yang juga politikus Filipina tersebut kemudian mengimbau agar seluruh pemangku kepentingan negara itu bersatu demi menyukseskan SEA Games di Manila.
“Mari kita bersatu mendukung para atlet kita [Filipina]. Mereka [bertanding] mewakili kita dan akan membawa kejayaan bagi negara kita,” ucap Pacquiao.

Pihak penyelenggara SEA Games 2019 dihujani kritikan termasuk dari para delegasi negara-negara peserta dan jurnalis karena dianggap tak siap menggelar ajang olahraga se-Asia Tenggara itu.

[Gambas:Video CNN]
Kerja pihak panitia penyelenggara yang tidak profesional disebut-sebut menjadi salah satu faktor ketidakberesan penyelenggaraan di SEA Games.

Salah satu yang menjadi kekisruhan terkait akomodasi dan pelayanan menu makanan bagi para atlet di Filipina. Kasus terbaru adalah para pemain Timnas Indonesia U-23 yang tak sengaja makan babi karena tidak tersedia makanan halal di hotel.

Pacquiao: Ramai Kisruh SEA Games Bisa Ganggu Atlet

“Sampai sekarang mereka belum menangani informasi dengan baik. Jadi kami harap di hari-hari mendatang mereka bisa memperbaiki hal ini untuk memisahkan makanan halal dan non-halal,” kata Media Officer Timnas Indonesia, Gatot Widakdo.
Sementara itu sebagai atlet paling terkenal di Filipina, Pacquiao ditunjuk sebagai salah satu duta SEA Games 2019. Dia yang akan menyalakan obor pada acara pembukaan 30 November di New Clark City. (bac/jun)





berita olahraga