Ramai-ramai Stadion Jadi Rumah Sakit Darurat Corona-Spekta Sports

Ramai-ramai Stadion Jadi Rumah Sakit Darurat Corona

Jakarta, CNN Indonesia — Sejumlah klub ramai-ramai mengizinkan stadion mereka dijadikan sebagai rumah sakit darurat atau sarana kesehatan guna menanggulangi pandemiĀ virus corona.

Aksi tersebut dimulai dari Brasil. Beberapa klub sepak bola di Negeri Samba tersebut berinisiatif mengubah markas mereka menjadi rumah sakit dan klinik usai berkoordinasi dengan pihak yang berwenang.

Langkah klub-klub Brasil itu seiring dengan dihentikannya kompetisi domestik di negara tersebut sejak Minggu (15/3) waktu setempat akibat pandemi Covid-19.



Salah satu stadion yang dijadikan rumah sakit adalah Maracana. Stadion yang digunakan untuk Olimpiade 2016 dan juga final Piala Dunia 2014 itu digunakan oleh Flamengo.

Flamengo memberikan kewenangan kepada otoritas kesehatan di Brasil untuk menggunakan Stadion Maracana menjadi rumah sakit lapangan selama pandemi Covid-19.

Ramai-ramai Stadion Jadi Rumah Sakit Darurat Corona

Stadion Pacaembu Municipal milik klub Sao Paulo juga akan dijadikan rumah sakit lapangan. Di stadion itu akan disediakan 200 tempat tidur untuk mereka yang terinfeksi corona.

[Gambas:Video CNN]

Langkah Flamengo dan Sao Paulo diikuti Corinthians, Santos, dan Goias. Corinthians membangun rumah sakit lapangan di Stadion Itaquerao, sedangkan Santos akan membangun klinik sementara di bagian dalam Stadion Vila Belmiro.

Sementara itu, Goias yang merupakan klub promosi di Serie A Brasil menjadikan Stadion Serrinha sebagai pusat vaksinasi virus corona.

Ramai-ramai Stadion Jadi Rumah Sakit Darurat Corona

Di luar Brasil, Watford menjadi klub Liga Inggris pertama yang mempersilakan stadion mereka untuk membantu penanganan virus corona. Manajemen Watford mempersilakan Stadion Vicarage Road digunakan tim medis NHS untuk rapat mendadak kursus staf medis, dikutip dari Metro.

Sedangkan di kawasan Asia, Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) memutuskan mengubah tempat latihan timnas Korea Selatan di Paju jadi klinik perawatan pasien positif corona.

Tidak ingin kalah, Barcelona juga dikabarkan menawarkan Stadion Camp Nou kepada Pemerintah Catalunya untuk dijadikan penampungan sementara pasien Covid-19. (sry/nva)





berita olahraga