Kemenangan 2-0 atas Thailand jadi awal yang bagus bagi Indonesia di ajang SEA Games 2019. (AP Photo/Aaron Favila)

Rapor Buruk Indonesia di Laga Terakhir Lawan Laos-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Timnas Indonesia U-23 punya pengalaman buruk lawan Laos saat kalah 0-2 di SEA Games 2009 jelang laga pemungkas di Grup B di Stadion Imus Grandstand, Kamis (5/12).

Sejak era U-23 dimulai pada 2001 di SEA Games, Indonesia sudah tiga kali bertemu dengan Laos di pesta olahraga bangsa-bangsa ASEAN ini.

Dalam tiga laga itu Indonesia menang dua kali dan sekali kalah. Namun, satu kekalahan itu terjadi pada perjumpaan terakhir kedua tim.

Di SEA Games 2009 di Laos, tuan rumah mengalahkan Garuda Muda 2-0 lewat gol Lamnao Singto di menit ke-66 dan 76.

Selain kekalahan, Indonesia juga gagal lolos ke babak semifinal usai menempati posisi juru kunci di Grup B. Padahal saat itu Indonesia tidak satu grup dengan tim-tim kuat seperti Thailand atau Vietnam.

Laos (putih) pernah mengalahkan Indonesia di SEA Games.Laos (putih) pernah mengalahkan Indonesia di SEA Games. (AP Photo/Aaron Favila)

Pertandingan di Imus Grandstand nanti secara tidak langsung mengingatkan kembali momen buruk tersebut bagi tim asuhan Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-23 perlu belajar dari tren tersebut untuk tidak kembali tersandung di laga krusial ini.

[Gambas:Video CNN]
Melawan Laos di laga terakhir Grup B jadi penentuan bagi Indonesia untuk lolos ke semifinal SEA Games 2019 atau tidak. Menang berarti Osvaldo Haay dan kawan-kawan menjadi satu dari dua wakil Grup B di babak gugur. Sedangkan kalau seri apalagi sampai kalah maka harus melihat pertandingan lain antara Vietnam dan Thailand.

SEA Games: Rapor Buruk Indonesia di Laga Terakhir Lawan Laos

Saat ini Timnas Indonesia U-23 berada di posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan sembilan poin. Indonesia hanya unggul selisih gol (+11) atas Thailand (+10) yang ada di posisi kedua.

Thailand dan Vietnam juga akan melakoni laga hidup dan mati. Jika kedua tim bermain imbang, berarti tiket semifinal jadi milik Vietnam dan Indonesia. Dengan catatan, Indonesia tidak kalah dari Laos.

Indonesia juga tetap lolos ke semifinal jika kalah dari Laos, asalkan, margin gol Indonesia tidak lebih besar dari margin gol kekalahan Thailand dari Vietnam.

Jika Indonesia menang dan Thailand mengalahkan Vietnam dengan margin dua gol maka kedua tim yang akan melaju ke semifinal SEA Games 2019. (sry/jal)





berita olahraga