Cristiano Ronaldo mencetak gol kedua di Liga Champions ketika Juventus bertamu ke Stadion BayArena markas Bayer Leverkusen. Juventus menang 3-0 atas tuan rumah. (AP Photo/Martin Meissner)

Ronaldo Bermain di Posisi yang Salah di Juventus-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Pelatih veteran asal Italia, Fabio Capello, menilai Cristiano Ronaldo bermain di posisi yang salah di Juventus.

Ronaldo memang sudah membuktikan diri sebagai salah satu pemain terbaik dunia selama satu dekade terakhir. Namun, usia yang tak lagi muda mulai memengaruhi fisik CR7.

Sejak pindah ke Juventus, produktivitas gol Ronaldo mulai menurun dibanding saat membela Madrid. Bermain di posisi yang tak ideal jadi salah satu faktor penyebab menurunnya jumlah gol sang pemain.

Capello menyarankan pelatih Juventus, Maurizio Sarri, untuk memainkan Ronaldo di posisi yang lebih ideal mengingat usianya yang sudah menginjak 34 tahun.

[Gambas:Video CNN]
“Ronaldo adalah penyerang terbaik di dunia. Tak ada pemain yang tahu bagaimana mengeksploitasi bola di seluruh area penalti,” kata Capello kepada Gazzetta dello Sport.

Capello merupakan pelatih sarat pengalaman. Selain pernah menangani Juventus dan Real Madrid, Capello juga pernah melatih timnas Inggris.

Ronaldo Bermain di Posisi Salah di Juventus

Juru taktik berusia 73 tahun tersebut tahu betul memanfaatkan kelebihan dan kekurangan pemain seperti peraih lima Ballon d’Or tersebut.

“Dia memang tak lagi memiliki kecepatan berlari dan dribbling seperti di masa lalu. Maka dia harus bermain di dalam kotak (penalti) seperti yang disebut di Inggris,” ujarnya.

Pemain bintang asal Portugal itu memang terbiasa bermain sebagai penyerang sayap. Namun, fisiknya dianggap mulai mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia.

Kendati demikian, Ronaldo tak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Belum lama ini, mantan pemain Manchester United itu sukses mencetak gol fantastis lewat sundulan spektakuler ke gawang Sampdoria. (jun)





berita olahraga