Ronaldo Mengaku Selalu Dapat Tekanan Sejak Muda

Ronaldo Mengaku Selalu Dapat Tekanan Sejak Muda-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo mengaku selalu hidup dalam tekanan sejak usia muda.

Ronaldo tepat menginjak usia 35 tahun pada 4 Februari. Ronaldo mengaku kariernya sebagai pesepakbola selalu diwarnai dengan tekanan.

“Benar bahwa saya selalu merasakan tekanan sejak usia muda. Ketika saya datang ke Madrid, status saya adalah pemain termahal di dunia.”

“Di Manchester, setelah memenangkan Ballon d’Or pertama, publik melihat saya dan berpikir bahwa saya selalu harus ada di atas. Dalam 12 tahun terakhir, saya selalu memiliki tekanan tambahan,” ucap Ronaldo seperti dikutip dari Daily Star.

Cristiano Ronaldo mengaku mendapat tekanan sejak usia muda.Cristiano Ronaldo mengaku mendapat tekanan sejak usia muda. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)

Ronaldo sendiri berhasil menaklukkan tekanan-tekanan tersebut. Dalam satu dekade terakhir, hanya Lionel Messi yang mampu mengimbangi Ronaldo dalam pencapaian individu.

Ronaldo adalah sosok pekerja keras. CR7 yakin ia masih bisa bertahan di lapangan hijau hingga usia 40 tahun. Permasalahan pensiun bagi Ronaldo lebih pada faktor psikologis.

[Gambas:Video CNN]

“Setiap awal memiliki akhir jadi saya tidak akan terus berada di sini sepanjang waktu. Namun saya merasa masih kuat untuk terus memenangkan hal-hal penting.”

“Saya bisa saja mengakhiri karier di tahun depan namun saya juga bisa bermain hingga usia 40 atau 41. Saya tidak tahu tetapi saya selalu mengatakan bahwa saya harus menikmati momen yang ada,” tutur Ronaldo. (ptr/nva)





berita olahraga