Jadwal Final Piala Dunia Antarklub: Liverpool vs Flamengo

Sejarah Satu Abad Piala Dunia Antarklub-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Piala Dunia Antarklub adalah kejuaraan antara kampiun-kampiun klub dari berbagai benua yang sudah dirintis sejak lebih dari satu abad lalu.

Piala Dunia Antarklub saat ini mengikuti format yang sudah dibentuk sejak 2005. Juara-juara Liga Champions dari Asia, Oseania, Afrika, dan Amerika Tengah mulai berlaga di babak perempat final. Sementara juara Liga Champions Eropa dan juara Copa Libertadores asal Amerika Selatan sudah menanti di semifinal.

Piala Dunia Antarklub sudah diperjuangkan sejak abad ke-19 dalam ketika juara Piala Skotlandia, Hibernian, bertemu dengan semifinalis Piala FA Inggris, Preston North End.

Laga yang dimenangkan Hibernian tersebut tidak diakui FIFA sebagai embrio Piala Dunia Antarklub. Badan sepak bola dunia itu baru menghitung agenda bertajuk Sir Thomas Lipton Trophy sebagai tonggak awal pertemuan klub-klub juara dari berbagai negara dan benua yang berbeda.

Sejarah Satu Abad Piala Dunia AntarklubFlamengo sudah pernah terlibat dalam kejuaraan yang mempertemukan juara-juara dari benua berbeda. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Kejuaraan Sir Thomas Lipton Trophy tidak berlangsung secara berkesinambungan. Presiden ketiga FIFA, Jules Rimet, lantas mengadopsi ide pertemuan klub-klub juara dari benua yang berbeda dalam ajang Copa Rio. Namun kejuaraan yang digelar pada 1951 hingga 1953 tersebut tidak berada di bawah kewenangan FIFA.

Ajang lain bernama Pequena Copa del Mundo yang berlangsung pada 1963 dan 1965 juga mempertemukan klub-klub Eropa dan Amerika Selatan.

Tournoi de Paris, Interamerican Cup, Afro-Asian Club Championsip, serta Intercontinental Cup menjadi ajang lain yang mengadu kesebelasan-kesebelasan top Eropa dan Amerika Selatan serta menjadi cikal bakal Piala Dunia Antarklub.

[Gambas:Video CNN]
Di antara empat turnamen tersebut, Intercontinental cup menjadi salah satu yang sempat tenar pada tahun 1980-an hingga awal 2000-an dengan nama Piala Toyota.

Sejarah Satu Abad Piala Dunia Antarklub

FIFA kemudian memandang penting penyelenggaraan turnamen antarbenua dan langsung terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia Antarklub pada 2000 dengan format setengah kompetisi.

Piala Dunia Antarklub 2001 batal terselenggara karena berbagai faktor termasuk masalah yang melibatkan partner pemasaran FIFA.

Piala Dunia Antarklub kembali diselenggarakan pada 2005 dengan format yang lebih simpel ketimbang lima tahun sebelumnya.

FIFA kemudian berencana memperbesar ajang Piala Dunia Antarklub dengan mengundang 24 tim sebagai peserta dan direncanakan bakal berlangsung dimulai pada 2021 serta akan dihelat tiap empat tahun sekali bukan lagi tahunan seperti selama ini berlangsung. (nva/har)





berita olahraga