PSSI Akan Bentuk Tim Keamanan Khusus untuk Timnas Indonesia

Selain Fisik, Shin Tae Yong Juga Soroti Mental Pemain Timnas-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto mengatakan Shin Tae Yong menilai pemain Timnas Indonesia masih mengalami masalah mental saat menjalani pemusatan latihan.

Hal itu dikatakan Nova terlihat ketika para pemain tidak mau memaksakan diri untuk tetap tampil maksimal di saat kondisinya sudah lelah. Kondisi itu juga yang membuat Shin Tae Yong menyebut bahwa pemain Timnas Indonesia hanya sanggup bermain selama 20 menit.

“Ya banyak faktor sih kalau dilihat dari tes terakhir pemain memang levelnya masih jauh kalau dibandingkan dengan level yang diinginkan coach Shin. Satu yang menurut coach Shin adalah masalah mental pemain yang tidak mau memaksa di saat kondisi capek dan gampang menyerah untuk melawan rasa lelah itu sehingga kondisinya tidak maksimal,” kata Nova kepada CNNIndonesia.com.



Nova belum bisa memastikan penyebab kelelahan yang dialami pemain selama menjalani pemusatan latihan mulai 14-23 Februari lalu. Sebab pada saat pemusatan digelar, kompetisi Liga 1 2020 belum dimulai meskipun ada turnamen pra musim Piala Gubernur Jawa Timur.
Shin Tae Yong Soroti Mental Pemain Timnas Indonesia

Lewat kondisi tersebut, menurut Nova, seharusnya pemain dalam kondisi yang sangat bugar karena sudah menjalani pra musim dengan klubnya masing-masing.

Nova menyebut Shin Tae Yong sudah memiliki beberapa rencana untuk mengatasi permasalahan fisik dan kebugaran pemain tersebut.

“Kalau rencana kemarin, nanti akan dikombinasikan baik dari segi fisik dan kekuatan serta taktik di latihan selanjutnya. Namun, karena adanya penundaan ini, kami tim pelatih masih mendiskusikan hal yang akan dilakukan,” ucap Nova melalui pesan singkatnya.

[Gambas:Video CNN]
PSSI telah menyatakan penundaan pemusatan latihan kedua Timnas Indonesia yang seharusnya digelar mulai 16 Maret 2020 menyusul wabah virus corona di Indonesia.

PSSI belum memberikan informasi lanjutan terkait jadwal terbaru digelarnya pemusatan latihan Timnas Indonesia.

“Kami masih mendiskusikan rencana selanjutnya karena adanya penundaan ini. Untuk fokusnya saat ini sementara kami melakukan pemantauan pemain di setiap pertandingan di Liga 1 2020,” ujar Nova. (TTF/ptr)





berita olahraga