Shannon Briggs, Petinju Eksentrik Calon Lawan Mike Tyson-Spekta Sports

Shannon Briggs, Petinju Eksentrik Calon Lawan Mike Tyson

Jakarta, CNN Indonesia — Shannon Briggs, calon lawan¬†Mike Tyson di laga ekshibisi tidak termasuk dalam kelompok elite¬†petinju kelas berat era 90-an. Namun penampilan Briggs yang eksentrik membuat dirinya terkenal.

Briggs punya rambut panjang gimbal yang membuat dirinya berbeda dari petinju kebanyakan yang berambut pendek atau bahkan tanpa rambut. Saat bertanding, rambut gimbal yang berada di bagian tengah kepala itu diikat agar tak mengganggu pergerakannya.

Briggs menjalani debut pada tahun 1992 sehingga ia berada di generasi sedikit di bawah Mike Tyson, Evander Holyfield, dan Lennox Lewis yang memulai debut di 80-an.
Briggs mengawali 25 laga awal dengan kemenangan membuat dirinya menjadi salah satu petinju yang mencuri perhatian. Briggs akhirnya mengecap kekalahan perdana dalam kariernya di duel lawan Darroll Wilson. Di laga itu, Briggs kalah KO di ronde ketiga.

Duel Briggs lawan Wilson diwarnai tukar pukulan sejak awal pertandingan. Namun di ronde ketiga, kombinasi pukulan Wilson mendarat telak dan membuat Briggs terkapar.

Shannon Briggs of USA poses for a photo during their press conference with Vitali Klitschko of Ukraine in Kiev on August 30, 2010. WBC Heavyweight Champion Vitali Klitschko will defend his title against Shannon Briggs in Hamburg, Germany, on October 16, 2010. AFP PHOTO/GENYA SAVILOV (Photo by GENYA SAVILOV / AFP)Shannon Briggs bakal jadi lawan Mike Tyson dalam laga ekshibisi. (GENYA SAVILOV / AFP)

Setelah kalah dari Wilson, Briggs bangkit dengan memenangkan lima laga, termasuk duel lawan petinju veteran, George Foreman. Kemenangan atas Foeman itu mengantar Briggs bertemu Lennox Lewis di 1998. Laga ini merupakan penentuan karier Briggs. Bila menang lawan Lewis, karier Briggs bisa lebih bersinar.

Dalam duel lawan Lewis, Briggs tampil agresif dan menyulitkan Lewis dengan rentetan pukulan di ronde pertama. Tukar pukulan terus berlanjut di ronde berikutnya, namun Lewis mulai lebih dominan. Di ronde keempat, Briggs sempat tumbang namun berhasil bangkit.

Briggs akhirnya takluk di ronde kelima setelah jatuh untuk ketiga kalinya di pertandingan tersebut.

Gagal menembus persaingan elite di era 90-an, Briggs akhirnya bisa jadi juara kelas berat WBO di tahun 2006 ketika menang lawan Siarhei Liakhovich. Saat itu usia Briggs sudah 35 tahun. Briggs menang TKO di ronde ke-12 usai pukulan kanan dari Briggs membuat Liarkovich terjungkal ke meja juri.

GIF Banner Promo Testimoni

Briggs langsung kehilangan gelar WBO tersebut karena kalah dari Sultan Ibragimov di pertandingan berikutnya. Briggs sempat mendapat kesempatan dalam perebutan gelar juara dunia lawan Vitali Klitschko di 2010 namun kalah angka di laga tersebut.

Briggs saat ini mengklaim sudah resmi bertanding melawan Mike Tyson dalam laga ekshibisi. (ptr/sry)

[Gambas:Video CNN]





berita olahraga