Shin Tae Yong Sosok Pelatih Timnas Indonesia yang Humoris-Spekta Sports

Shin Tae Yong, Pelatih Timnas Indonesia Penakluk Juara Dunia

Jakarta, CNN Indonesia — Pelatih anyar Timnas Indonesia Shin Tae Yong disebut sebagai sosok yang punya rasa humor selain juga dipercaya memiliki tingkat disiplin tinggi.

Hal itu diungkapkan Jeje, penerjemah bahasa Korea yang mendampingi Tae Yong ketika diperkenalkan secara resmi oleh PSSI di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (28/12) lalu.

“Ya saya lihat dia humoris. Tapi jujur saya belum tahu ketika latihan, pelatih Shin Tae Yong seperti apa,” ucap Jeje kepada CNNIndonesia.com.

Sifat humoris pelatih 49 tahun itu juga ditunjukkannya saat pertemuan pertama dengan PSSI di Hotel Mulia Senayan sebelum diperkenalkan secara resmi. Ketika itu, ia sedang menjalani sesi foto bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau yang akrab disapa Iwan Bule.

Iwan sempat meminta dua sesi foto, pertama menggunakan jas resmi kedua menggunakan kemeja yang merupakan seragam kerjanya di PSSI.

Shin Tae Yong Sosok Pelatih Timnas Indonesia yang Humoris Shin Tae Yong (kanan) ketika diperkenalkan PSSI pada akhir 2019. (ANTARA FOTO ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Tae Yong yang hanya menggunakan kemeja berwarna abu-abu tua dengan ditutup jas berwarna lebih muda sempat berusaha untuk ikut membuka jasnya. Namun, dilarang oleh Iwan Bule sambil membanyol.

Sifat humoris pelatih 49 tahun itu juga kembali diperlihatkan di Stadion Pakansari. Kali ini, Tae Yong dan Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.

[Gambas:Video CNN]
Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu sempat menarik Iwan Budianto untuk berada di sebelahnya sebelum sesi foto kembali digelar.

“Lihat kan, sejak awal datang dia langsung mau bercanda dan berusaha untuk memahami karakter orang Indonesia,” ucap Iwan Budianto kala itu.

Shin Tae Yong Sosok Pelatih Timnas Indonesia yang Humoris

Meski terkesan humoris, pelatih yang pernah menjadi gelandang timnas Korsel itu juga dipercaya merupakan sosok yang tegas dan disiplin saat melatih. Hal itu diyakini Nova Arianto yang sudah menandatangani kontrak dengan PSSI sebagai salah satu pendamping Tae Yong saat melatih Timnas Indonesia.

“Jujur, saya belum pernah bertemu dia. Sepertinya dia punya disiplin yang tinggi,” kata Nova beberapa waktu lalu.

Tae Yong diharapkan bisa membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan pertama di kualifikasi Piala dunia 2022 dan juara di Piala AFF 2020. Ia juga diharap bisa memberikan prestasi buat Timnas Indonesia U-20 yang bakal tampil di Piala Asia U-20 2020 dan Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Pelatih asal Korea Selatan itu disebut baru akan tiba di Jakarta pada Rabu (8/1) malam. (TTF/ptr)





berita olahraga