Hasil Piala FA: Son Bawa Tottenham Singkirkan Southampton

Son Bawa Tottenham Singkirkan Southampton-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Tottenham Hotspur berhasil melangkah ke babak kelima Piala FA setelah menang dramatis 3-2 atas Southampton dalam laga ulang babak keempat di Stadion Tottenham Hotspur, London, Rabu (5/2) waktu setempat.

Di laga ini, Tottenham hanya butuh waktu 12 menit untuk unggul 1-0 atas Southampton. Tuan rumah membuka keunggulan berkat gol bunuh diri Jack Stephens.

Gol itu terjadi setelah tendangan Tanguy Ndombele dari luar kotak penalti yang diblok Stephens malah masuk ke gawang Southampton yang dikawal Angus Gunn.

Keunggulan skuat asuhan Jose Mourinho hanya bertahan selama 34 menit karena pada menit ke-35, Southampton bisa menyamakan kedudukan jadi 1-1. Gol ini berawal dari aksi kiper Tottenham Hugo Lloris yang tidak sempurna menepis bola tendangan Nathan Redmond.

Bola liar yang bergulir di kotak penalti dengan mudah disambar Shane Long untuk membuat skor pertandingan jadi 1-1.

Di masa injury time babak pertama Southampton kembali menciptakan peluang untuk mencetak gol. Kali ini tendangan Redmond sedikit di luar kotak penalti belum menemui sasaran. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Southampton justru lebih banyak menekan Tottenham. Bahkan pada menit ke-50, tim tamu nyaris unggul di laga ini andai Sofiane Boufal lebih tenang dalam memanfaatkan peluang.

Bola tendangan Boufal memanfaatkan bola yang diblok pemain belakang Tottenham malah melebar di sisi kanan gawang Lloris walau dalam posisi tidak terkawal.

Dua menit berselang, Tottenham yang hampir saja berbalik unggul andai Lucas Moura lebih tenang dalam melakukan penyelesaian akhir. Umpan matang Son Heung-min dari sisi kiri lini serang disambut sundulan Moura yang melebar di sisi kiri gawang Southampton.

Petaka buat Tottenham terjadi di menit ke-72. Redmond berhasil mengelabui dua pemain Tottenham untuk melakukan serangan balik cepat.

Redmond lantas memberikan umpan kepada Danny Ings yang dengan tenang menceploskan bola lewat tendangan ke pojok kiri gawang Lloris. Skor pun berubah jadi 2-1.

Hasil Piala FA: Son Bawa Tottenham Singkirkan Southampton

Di menit ke-77, Tottenham berhasil menyamakan kedudukan jadi 2-2 melalui Lucas Moura. Tembakan pemain asal Brasil itu ke pojok kanan gawang tidak bisa diantisipasi Angus Gunn.

Tiga menit jelang akhir babak kedua, Tottenham mendapatkan hadiah penalti setelah Son dilanggar Gunn di kotak terlarang. Son yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugas dengan baik untuk membuat skor jadi 3-2.

Keunggulan 3-2 itu berhasil dipertahankan Tottenham hingga wasit meniup peluit panjang. Hasil ini membuat tim London Utara akan bertemu Norwich City di babak kelima Piala FA.

Susunan pemain

Tottenham Hotspur (4-3-3): Hugo Lloris; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Japhet Tanganga; Tanguy Ndombele, Eric Dier, Harry Winks; Son Heung-min, Lucas Moura, Ryan Sessegnon.

Southampton (4-4-2): Angus Gunn; James Ward-Prowse, Jack Stephens, Jan Bednarek, Ryan Bertrand; Sofiane Boufal, Pierre-Emile Hojbjerg, Oriol Romeu, Nathan Redmond; Shane Long, Danny Ings. (jal)





berita olahraga