Sosok Syed Saddiq, Menpora Malaysia Sorotan Netizen

Sosok Syed Saddiq, Menpora Malaysia Sorotan Netizen-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Sosok Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq, kembali menjadi sorotan netizen. Kali ini akun Twitternya diserbu warganet Indonesia yang mengamuk dan meramaikan tanda #GanyangMalaysia di media sosial.

Ada pula tanda #shameonyousaddiq yang khusus ‘mengganyang’ akun sang menteri tersebut.

Sosoknya kali ini dianggap kontroversial karena unggahan pernyataan sikap terkait insiden pengeroyokan dan penusukan terhadap suporter Indonesia di Malaysia.

Insiden tersebut terjadi pada Senin (18/11) sehari sebelum laga Malaysia vs Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11).

Syed Saddiq kemudian megunggah pernyataan menyikapi insiden penusukan suporter Indonesia di Malaysia.

Sosok Syed Saddiq, Menpora Malaysia Sorotan NetizenSyed Saddiq (tengah) saat menyaksikan laga Malaysia vs Indonesia di Stadion GBK/ (ADEK BERRY / AFP)

“Saya sudah sampaikan kepada pihak polisi untuk menyiasati.”

“Keadilan adalah untuk semua, tidak pandang dari Malaysia atau Indonesia. Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh dia buat laporan ke pihak polisi,” ucap Syed Saddiq.

Netizen langsung menyerbu unggahan Syed Saddiq tersebut karena tak ada satu pun permintaan maaf dari Syed Saddiq dalam pernyataannya.

[Gambas:Video CNN]
Warganet menyoroti pernyataan Syed Saddiq sebelumnya menyikapi beberapa fan Malaysia yang kena pukul oknum suporter Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada laga Indonesia vs Malaysia, 5 September. Saat itu menteri termuda Malaysia itu sangat vokal menuntut investigasi dan permintaan maaf dari Indonesia.

Syed Saddiq sendiri ikut menyaksikan laga tersebut dari tribune khusus di GBK.

Sosok Syed Saddiq, Menpora Malaysia Sorotan NetizenFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi

“Tadi saya bersama pendukung Harimau Malaya menyaksikan pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Stadion Gelora Bung Karno. Besi, botol, suar dilempar ke arah kami beberapa kali. Ada juga pendukung Indonesia yang coba masuk ke tribune Malaysia dan pertandingan terpaksa dihentikan seketika,” tulis Saddiq melalui Instagram.

“Saya mendapat kabar dari FAM bahwa mereka akan membuat laporan resmi kepada FIFA. Saya juga akan membuat laporan resmi ke pemerintah Indonesia dan rekan sejawat. Tindakan kekerasan tidak dibenarkan dalam bentuk apapun. Keselamatan pemain dan pendukung Malaysia adalah prioritas saya. Kejadian ini amat menyedihkan buat industri sepak bola yang seharusnya menjadi medium pemersatu. Saya berjanji akan menuntut keadilan bagi rakyat Malaysia,” kata Syed Saddiq melalui akun Instagramnya.

Pernyataan Syed Saddiq langsung direspons Imam Nahrawi, Menpora Indonesia saat itu.

“Kehadiran saya untuk menyampaikan langsung permohonan maaf atas nama rakyat Indonesia dan juga pemerintah kepada Menteri Saddiq atas ulah oknum suporter yang semalam kita lihat bersama,” kata Imam ketika itu.

“Persahabatan Indonesia-Malaysia tidak boleh renggang karena sepak bola dan tentu kami akan terus menjaga agar kondisi ini tetap baik. Oknum suporter yang telah melakukan pengrusakan tentu harus ditindak oleh aparat kepolisian,” ujar Imam.

Selain dikenal sebagai termuda dan digandrungi kaum perempuan, Syed Saddiq, cukup punya keterkaitan dengan Indonesia. Sang menteri disebut sebagai salah satu pengagum Presiden Repblik Indonesia, Joko ‘Jokowi’ Widodo.

Salah satu yang membuat Syed Saddiq terkesan saat aksi bermotor Jokowi di pembukaan Asian Games 2018.

“Ketika Bapak Jokowi masuk, ya Tuhan! Apa itu? Maksud saya, itu benar-benar bagus! Membuat orang-orang di stadion ‘menggila’, demikian juga saya,” kata Saddiq kepada CNNIndonesia.com di Plenary Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center pada 19 Agustus 2018.

Saddiq yang akan merayakan ulang tahun ke-27 pada 5 Desember mendatang merupakan anak bungsu dari keluarga yang sederhana di Malaysia.

Sang ayah merupakan warga Singapura, seorang pekerja konstruksi yang rutin pergi-pulang dari Johor ke negara asalnya untuk bekerja.

Sementara itu, ibunya adalah seorang guru bahasa Inggris di sekolah menengah yang juga berperan mengurus keluarga dan mengajar kursus di malam hari untuk mencari penghasilan tambahan. (bac/jun)





berita olahraga