10 Penendang Bebas yang Lebih Hebat dari Messi

Tak Cuma Gol, Assist Messi Juga Berbahaya di El Clasico-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Real Madrid tak hanya harus mewaspadai gol-gol yang bisa lahir dari kaki bintang Barcelona, Lionel Messi namun juga assist yang bisa lahir dari dirinya dalam laga El Clasico, Rabu (18/12) waktu setempat.

Messi bukan hanya tercatat sebagai pemegang rekor gol di laga El Clasico. Pemain asal Argentina itu juga jadi pemegang rekor dalam hal assist di laga Barcelona lawan Real Madrid.

Messi tercatat sudah membukukan 14 assist sepanjang kiprahnya di El Clasico. Catatan itu tentu jadi pengingat bagi Madrid jelang laga nanti.

Visi Messi dalam bermain memang sangat mengagumkan. Di tengah kawalan ketat pemain-pemain lawan, Messi bisa tenang melihat celah yang ada di pertahanan lawan.

Lionel Messi datang ke El Clasico dengan status sebagai pemain terbaik dunia.Lionel Messi datang ke El Clasico dengan status sebagai pemain terbaik dunia. (AP Photo/Francois Mori)

Ketika Messi melakukan penetrasi, Luis Suarez bakal bergerak lebar membuka ruang. Ketika pertahanan fokus menjaga Messi, bintang asal Argentina itu bisa mengalirkan umpan ke Suarez.

Tak hanya Suarez, Messi juga punya banyak opsi untuk mengumpan karena saat Messi menggiring bola, pemain-pemain Barcelona bakal ada di sisi kanan maupun kiri.

[Gambas:Video CNN]
Skema serangan seperti itu yang bakal jadi ancaman untuk Real Madrid selama 90 menit laga berlangsung. Kesalahan membaca pergerakan Messi, entah umpan atau tendangan, bisa berakibat fatal.

Tak Cuma Gol, Assist Messi Juga Berbahaya di El Clasico

Laga El Clasico kali ini sendiri bakal jadi laga krusial bagi kedua tim. Barcelona dan Real Madrid sama-sama mengoleksi 35 poin setelah 16 laga berjalan. Pemenang dari laga ini bakal berkuasa sebagai pemuncak klasemen. (ptr/jun)





berita olahraga