5 Kunci Sukses Klopp Kembalikan Nama Besar Liverpool

Tak Hamburkan Uang, Klopp Lebih Hebat Ketimbang Guardiola-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mendapat pujian karena mampu membangun The Reds tanpa menghamburkan uang seperti yang dilakukan Pep Guardiola di Manchester City.

Mantan pemain Arsenal, Paul Merson, menilai Klopp memiliki kemampuan lebih baik dibanding Guardiola karena tidak belanja pemain dalam jumlah besar.

“Jurgen Klopp membuktikan kepada Pep Guardiola musim ini dia adalah yang terbaik. Liverpool membuat Leicester berlari-lari. Dan itu semua karena Klopp, Dia membangun tim itu,” tulis Merson dalam kolom di Daily Star.

“Dia mengalahkan Guardiola meski dia tidak belanja dengan jumlah yang mendekati [pengeluaran Guardiola],” sambung Merson.

Tak Hamburkan Uang, Klopp Lebih Hebat Ketimbang GuardiolaJurgen Klopp bergabung dengan Liverpool sejak 2015. (AP Photo/Rui Vieira)

Merson juga berkelakar Klopp bisa membawa klub Rotherham, yang kini berkompetisi di divisi Championship, tampil ke Premier League dan menjadi juara.

“Guardiola tidak bisa melakukan itu. Dia butuh pemain-pemain 80 atau 90 juta pounds untuk membangun sistemnya bekerja. Klopp tidak. Itu adalah raihan besar,” tulis Merson.

Tak Hamburkan Uang, Klopp Lebih Hebat Ketimbang Guardiola

Hingga pertengahan musim 2019/2020, Liverpool berada di puncak klasemen dengan 52 poin atau unggul 10 poin dari Leicester City yang berada di peringkat kedua dan berjarak 14 poin dari Manchester City yang kini menempati posisi ketiga.

Dengan jarak yang jauh dari para rival, Liverpool menjadi favorit juara musim ini. Terlebih Liverpool kian menunjukkan kesolidan permainan, sementara Man City malah terpeleset dalam upaya mengejar The Reds. (nva)





berita olahraga