Persib Kesulitan Hadapi Formasi Pohon Natal Bhayangkara FC

Tata Kelola Kompetisi Jadi PR Ketua Umum Baru PSSI-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Pembaca CNNIndonesia.com menilai pembenahan tata kelola kompetisi menjadi tugas paling penting yang harus segera dibenahi Ketua Umum PSSI yang baru.

Berdasarkan hasil jajak pendapat via Twitter yang dilakukan CNNIndonesia.com, pekerjaan mengelola kompetisi sepak bola dengan baik menjadi pilihan 41 persen dari 462 responden.

Netizen menganggap perbaikan tata kelola kompetisi lebih penting dibanding meningkatkan prestasi Timnas Indonesia, edukasi suporter, atau polemik pengaturan skor.

Dalam polling CNNIndonesia.com, pembenahan prestasi Skuat Garuda mendapat 31 persen suara, sementara edukasi suporter meraih 15 persen suara atau hanya lebih banyak dua persen ketimbang mengatasi polemik pengaturan skor.


Tata kelola kompetisi memang menjadi sorotan dalam sepak bola lokal. Jadwal kompetisi yang kerap tidak berjalan secara lancar menjadi warna tersendiri dalam kompetisi sepak bola nasional di berbagai level.

Dalam beberapa waktu terakhir, jadwal penyelenggaraan pertandingan Liga 1 2019 tidak bisa berjalan sesuai rencana awal karena agenda politik dalam negeri.

Polling: Tata Kelola Kompetisi Jadi PR Ketua Umum Baru PSSIFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Penyesuaian jadwal kompetisi dengan agenda internasional juga menimbulkan masalah tersendiri karena tidak jarang klub dan Timnas Indonesia tarik menarik pemain untuk kepentingan masing-masing.
Kendati demikian, keterpurukan Timnas Indonesia, bentrok antarsuporter, dan beragam kasus pengaturan skor juga menjadi masalah-masalah lama yang kerap menghantui sepak bola dalam negeri.

KongresPSSI yang akan berlangsung Sabtu (2/11) bakal memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, serta anggota komite eksekutif yang baru.

(nva)





berita olahraga