Liga-liga di Dunia yang Terganggu Virus Corona

Terlibat Atur Skor, 11 Pemain Muda Vietnam Dihukum Berat-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Federasi Sepak Bola¬†Vietnam (VFF) menjatuhkan sanksi untuk 11 pemain Dong Thap U-21 pada Senin (11/5). Hukuman untuk para pemain itu bervariasi mulai dari enam bulan hingga lima tahun.

Dilansir Vietnam Express, para pemain yang kena sanksi berat itu termasuk dua penggawa Vietnam U-19, yakni gelandang Tran Cong Minh dan bek Vo Minh Trong. Kedua pemain ini memperkuat Vietnam U-19 di Kualifikasi Piala Asia 2020 pada tahun lalu.

Cong Minh dan Minh Trong dijatuhi sanksi denda 2,5 juta Vietnam Dong atau setara Rp1,6 juta dan larangan aktif di sepak bola selama enam bulan. Sanksi serupa diterima delapan pemain lain Dong Thap U-21.



Sedangkan sanksi terberat diterima Huynh Van Tien yang diketahui sebagai inisiator dan mengajak pemain-pemain yang lain untuk terlibat dalam pengaturan skor. Pemain berusia 21 itu dihukum denda Rp2,5 juta dan larangan aktif di sepak bola selama lima tahun.

Insert Artikel - Mengurangi Risiko Terinfeksi Virus

Pengaturan skor di kompetisi sepak bola usia muda itu terjadi tahun lalu saat Dong Thap menghadapi Vinh Long. Pertandingan sendiri berakhir dengan skor imbang 1-1.

Saat itu, sebelas pemain Dong Thap diketahui bertaruh 150 juta Vietnam Dong (Rp96 juta) untuk laga berakhir imbang dengan skor 2-2 atau di bawahnya.

GIF Banner Promo Testimoni

Dengan skor akhir 1-1, para pemain tersebut mendapatkan kembali uang mereka dan tambahan 133 juta Vietnam Dong (Rp85 juta) yang dibagikan secara merata. Dong Thap kemudian lolos ke babak selanjutnya dan melangkah hingga babak semifinal.
Kasus pengaturan skor ini bukan yang pertama kali terjadi di Vietnam. Di SEA Games 2005, tujuh pemain timnas Vietnam, diketahui telah menjual pertandingan. Salah satu pemain dihukum penjara selama empat tahun dan pemain-pemain yang lain dijatuhi sanksi larangan bermain.

Sembilan tahun berselang atau tahun 2014, beberapa pemain Ninh Binh dijatuhi sanksi karena bertaruh untuk pertandingan di Piala AFC.

[Gambas:Video CNN]

(jal)





berita olahraga