Hasil CFA Tournament: Timnas Indonesia U-23 0-1 Yordania U-23

Timnas Indonesia U-23 0-1 Yordania U-23-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan tipis dari timnas Yordania U-23 di CFA Tournament yang berlangsung di Stadion Pailou, Wanzhou, China, Minggu (13/10) siang WIB.

Ciri khas sepak bola menyerang yang diusung Indra Sjafri kembali terlihat dalam awal pertandingan melawan Yordania U-23. Perubahan starter yang terjadi dibanding dalam laga pertama melawan China tidak mengubah pendekatan yang dilakukan Indra.

Upaya skuat Merah Putih bermain ofensif diladeni oleh Yordania yang beberapa kali masuk ke kotak penalti, namun tak leluasa menciptakan peluang.

Baik Indonesia dan Yordania gagal membuat kans yang benar-benar mengancam. Sepakan Egy Maulana, Kadek Putra, dan Witan Sulaeman tidak mampu mengarah ke gawang Yordania. Demikian pula yang terjadi dengan Yordania.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia dan Yordania melakukan pergantian pemain. Irkham Mila, Tegar Sukamto, Firza Andika, Muhammad Sidik Saimima, dan Andy Setyo Nugroho masuk dari bangku cadangan.

Hasil CFA Tournament: Timnas Indonesia U-23 YordaniaAndy Setyo Nurgroho (kanan) menjadi kapten Timnas Indonesia U-23 pada babak kedua. (MOHD RASFAN / AFP)

Tiga menit babak kedua berjalan, situasi lengah di kotak penalti Indonesia dimanfaatkan Yordania. Sebuah bola lambung yang tidak mampu dihalau secara sempurna justru menjadi petaka.

Setelah mendapat umpan sundulan di dalam kotak 16, Yazan Alnaimat menendang bola dengan kencang di depan gawang Indonesia yang tidak dapat diantisipasi Nadeo Agrawinata.

[Gambas:Video CNN]
Tertinggal 0-1, Indonesia berupaya mengejar ketertinggalan. Serangan dari sayap terlihat menjadi cara yang mencolok untuk memberi ancaman ke gawang Yordania. Peluang justru hadir melalui tendangan bebas Tegar dari luar kotak penalti yang mengarah ke gawang Yordania namun masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Raafat Al Rabie.

Kesalahan di area permainan sendiri membuat Indonesia hampir dihukum pada menit ke-75. Ketidakmampuan Sidik Saimima mengontrol bola membuat Omar Al Zebdieh berhasil mampu melepaskan tembakan ke gawang Indonesia. Tepisan Nadeo membuat skor tidak berubah.

Hasil CFA Tournament: Timnas Indonesia U-23 Yordania

Semenit berselang serangan balik dilakukan Timnas Indonesia, Egy yang menggiring bola mendekati kotak penalti dilanggar oleh Al Zebdieh. Tendangan bebas Syahrian Abimanyu masih belum mampu membuat skor imbang.

Upaya Indonesia untuk menyamakan kedudukan terlihat cukup dominan, namun tidak ada gol yang bisa tercipta. Sementara Yordania yang juga masih termotivasi menambah gol tidak mampu memperlebar jarak. Skor 1-0 untuk Yordania bertahan hingga laga usai.

Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga pamungkas di CFA Tournament dengan menghadapi Arab Saudi, Selasa (15/10).

Susunan pemain inti Timnas Indonesia U-23:
Nadeo Argawinata; Nurhidayat Haji Haris, Asnawi Mangkualam, Bagas Adi, David Rumakiek; Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Kadek Agung; Egy Maulana, M Rafli, Witan Sulaiman.

Susunan pemain inti Timnas Yordania U-23:
Raafat Al Rabie; Yazan Abdelaal, Ahmad Haikal, Ihab Akhawal, Bassam Daldoom, Saed Alrosan, Moath Ammouri, Nizar Al Rashdan, Ali Olwan, Omar Alzebdieh, Mohammad Aburiziq. (nva)





berita olahraga