Tyson Yakin Merajai Kelas Berat Jika Bertinju Saat Ini

Tyson Yakin Merajai Kelas Berat Jika Bertinju Saat Ini-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Mike Tyson yakin bisa menjadi juara kelas berat jika masih menjadi petinju pada saat ini bersaing dengan Tyson Fury, Deontay Wilder, atau Anthony Joshua.

Tyson merupakan salah satu legenda tinju yang pernah menyandang sabuk juara kelas berat versi WBC, WBA, dan IBF pada 1980-an dan 1990-an.

Melihat persaingan melawan Fury, Wilder, dan Joshua yang kini memegang gelar juara kelas berat, Tyson menyatakan kepercayaan dirinya.



“Ya. Dengar, jika Anda bertanya pada saya jika saya masih 20 tahun, ya,” ujar Tyson menjawab pertanyaan fan mengenai kemampuannya bersaing melawan juara-juara saat ini dalam sebuah wawancara di Youtube dikutip dari Sport Bible.

“Tidak diragukan. Mereka adalah petarung-petarung yang tangguh dan saya menghormati kemampuan mereka. Akan sangat sulit melawan mereka,” sambung sosok berjuluk Si Leher Beton itu.

Tyson Yakin Merajai Kelas Berat Jika Bertinju Saat IniMike Tyson ketika mengalahkan Trevor Berbick dan menjadi juara tinju kelas berat termuda. (AFP PHOTO / Carlos SCHIEBECK)

Pada tahun 1986, ketika masih berusia 20 tahun, Tyson mencatatkan diri sebagai petarung termuda yang meraih gelar di kelas berat setelah mengalahkan Trevor Berbick dalam perebutan gelar WBC yang berlangsung dua ronde saja.

Setahun berselang Tyson meraih gelar WBA dengan mengalahkan James Smith dan memenangkan perebutan juara IBF melawan Tony Tucker.

Tyson Yakin Merajai Kelas Berat Jika Bertinju Saat Ini

Setelah mencatatkan 37 kali naik ring tanpa kalah, Tyson merasakan kekalahan pertama dan kehilangan seluruh gelar ketika menghadapi Buster Douglas pada 1990.

Tyson kembali meraih sabuk WBC sesudah menumbangkan Frank Bruno pada 1996 dan sabuk WBA dengan menganvaskan Bruce Seldon. Setahun kemudian Tyson lagi-lagi kehilangan gelar lantaran kalah dari Evander Holyfield. Sejak saat itu Tyson tak pernah lagi berstatus sebagai juara dunia hingga akhir kariernya pada 2005.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)





berita olahraga