Khabib Ajukan Syarat untuk Penuhi Tantangan Mayweather

UFC 249 Tak Ada Arti Tanpa Khabib vs Ferguson-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Isyarat Khabib Nurmagomedov mundur membuat UFC 249 tak lagi bermakna meski Bos UFC Dana White coba mencari petarung pengganti untuk menghadapi Tony Ferguson.

Pandemi Corona benar-benar mempengaruhi seluruh dunia dalam berbagai aspek, termasuk olahraga. Sejumlah agenda olahraga terus jadi korban keganasan penyebaran virus corona sehingga mengalami pembatalan atau penundaan.

Ajang yang dijadwalkan berlangsung di bulan Agustus seperti Olimpiade pun sudah mengumumkan penundaan selama satu tahun.



Namun seolah menantang, UFC 249 yang berlangsung bulan April tetap berdiri tegap. UFC sudah membatalkan tiga agenda terdekat namun UFC 249 terus berusaha ditegakkan.

UFC 249 sendiri punya ‘jualan’ yang membuat mereka percaya diri bisa bertahan. Laga Khabib Nurmagomedov vs Tony Ferguson adalah laga yang sudah ditunggu oleh banyak orang.

UFC 249 Tak Ada Arti Tanpa Khabib vs FergusonTony Ferguson dianggap jadi salah satu petarung yang bisa menyulitkan Khabib Nurmagomedov. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)

Dalam sejarah perjalanan karier mereka, keduanya mampu merebut 12 kemenangan beruntun di UFC. Selain itu, empat rencana pertarungan antara mereka berdua yang selalu berujung batal membuat laga ini makin menarik dinanti.

Duel Khabib vs Ferguson dipercaya sebagai duel terbesar UFC di tahun ini. White bahkan terus menekankan laga ini bakal berlangsung meski tanpa ribuan penonton hadir di arena karena larangan berkumpul.

Namun masalah baru kini muncul. Khabib sedang berada di Rusia dan negara tersebut memberlakukan larangan perjalanan masuk-keluar.

Ketidakjelasan lokasi pertandingan membuat situasi menjadi tidak pasti dalam beberapa pekan terakhir.

UFC 249 Tak Ada Arti Tanpa Khabib vs FergusonKhabib mengaku kebingungan dengan lokasi pertandingan sehingga ia kembali ke Rusia. (AFP/Steven Ryan)

Khabib sudah berada di Amerika Serikat namun kemudian gym tempat ia latihan ditutup. Khabib mengaku sempat pergi ke Dubai namun kemudian terpaksa kembali karena tak melihat sinyal terang laga tersebut bakal dilangsungkan di Dubai.

Setelah Khabib kembali ke Rusia, Ferguson baru angkat suara menyebut Khabib sengaja menghindar dengan berlindung di balik peraturan larangan pergi.

Khabib bahkan sudah menekankan dia rela bila UFC mencari petarung pengganti untuk menghadapi Ferguson. Justin Gaethje muncul sebagai calon kuat, disusul kesediaan Dustin Poirier dan Jorge Masvidal untuk menghadapi Ferguson di UFC 249.

Isyarat mundurnya Khabib makin kuat setelah ia angkat suara lewat akun instagram miliknya.

“Pemerintah di semua negara, orang-orang terkenal di seluruh dunia mendesak semua pihak untuk mengikuti aturan keselamatan demi mencegah penyebaran penyakit, untuk menyelamatkan orang-orang.”

“Haruskah saya terbang keliling dunia demi sebuah pertarungan? Saya jelas lebih kesal daripada Anda untuk membatalkan pertarungan ini. Saya punya banyak rencana setelah pertarungan itu, tapi saya tidak bisa mengendalikan semuanya.”

Sulit Gantikan Gengsi Duel

Tanpa duel Khabib vs Ferguson, sejatinya UFC 249 bakal hambar. Gaethje memang punya kemampuan bagus, begitupun Masvidal dan Poirier bila mereka terpilih. Namun gengsi mereka tidak akan sebesar Khabib vs Ferguson.

Duel Khabib vs Ferguson adalah duel dua petarung tangguh. Ferguson dipercaya jadi salah satu petarung yang bisa menyulitkan Khabib yang belum terkalahkan hingga saat ini.

Laga pengganti tidak akan begitu dinantikan seperti halnya Khabib vs Ferguson. Memang tetap bakal disaksikan karena saat ini dunia olahraga minim menyajikan tontonan, namun gairah yang ada tidak akan sepanas yang semestinya.

Bos UFC Dana White bisa ‘memainkan kartu’ dengan mencopot gelar kelas ringan UFC Khabib untuk laga ini. Lalu pemenang duel di UFC 249 baru kembali menghadapi Khabib yang datang sebagai penantang di pertarungan berikutnya.

UFC 249 Tak Ada Arti Tanpa Khabib vs FergusonManuver Dana White untuk UFC 249 menarik dinanti. (AFP/Michael Ciaglo)

Namun sekadar sabuk tak akan benar-benar bisa menggantikan tajuk Khabib vs Ferguson.

Jadwal ulang antara Khabib lawan Ferguson pun kemungkinan besar baru bisa digelar di bulan September atau Oktober. Pasalnya, Khabib bakal fokus berpuasa di bulan Ramadan yang selesai hingga akhir Mei.

Dengan kondisi Khabib butuh persiapan selama tiga bulan untuk satu pertarungan, September adalah waktu paling cepat untuk mengatur ulang jadwal tersebut.

Itu pun dengan syarat pandemi Corona sudah berlalu plus Ferguson memenangkan pertarungan pengganti bila hal itu dilakukan.

Tanpa itu semua, menyaksikan Khabib vs Ferguson bakal kembali jauh dari angan.

[Gambas:Video CNN]

(jal)





berita olahraga