Boxing Day: Wasit Kontroversial Hadir di Laga MU vs Newcastle

Wasit Kontroversial Hadir di Laga MU vs Newcastle-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Wasit paling kontroversial di Liga Inggris, Mike Dean, hadir di pertandingan Manchester United vs Newcastle United dalam Boxing Day di Old Trafford, Jumat (27/12) dini hari WIB.

Di laga tersebut Dean tidak akan menjadi wasit utama yang memimpin pertandingan, melainkan bertugas sebagai penanggung jawab video assistant referee (VAR).

Dalam kariernya, Dean pernah menyandang status sebagai ‘wasit paling kontroversial’. Dalam laporannya, Daily Mail menyebut Dean sebagai wasit paling loyal dengan kartu merah di musim 2016/2017.

Pada Liga Inggris 2016/2017, Mike Dean mengeluarkan lima kartu merah sebagai yang paling banyak di antara wasit lain di kompetisi tersebut. Tidak hanya itu, Dean juga memberikan 10 kali penalti di musim tersebut, lebih banyak dari wasit lain.

Karena keputusannya yang kontroversial, pada 2015 Dean pernah dibuatkan petisi oleh suporter Arsenal untuk tidak memimpin pertandingan The Gunners. Petisi itu mendapat lebih dari 100 ribu tanda tangan.

MU kalah 0-1 dari Newcastle di putaran pertama.MU kalah 0-1 dari Newcastle di putaran pertama. (Owen Humphreys/PA via AP)

Di musim 2016/2017 Dean juga pernah dianggap sebagai ‘pembunuh West Ham’ oleh pelatih Slaven Bilic. Di laga itu Dean memberi kartu merah kepada gelandang The Hammers Sofiane Feghouli di menit ke-15 yang berujung kemenangan 2-0 untuk MU.

[Gambas:Video CNN]
Selain keputusannya yang mengundang perdebatan, Dean juga kerap menunjukkan gestur unik yang dianggap guna menyita perhatian publik.

Meski demikian, berdasarkan statistik Transfermarkt, MU lebih banyak meraih kemenangan saat memimpin pertandingan, dengan catatan 37 menang dari 69 laga.

Boxing Day: Wasit Kontroversial Hadir di Laga MU vs Newcastle

Sebaliknya, nasih sial kerap dialami Newcastle ketika Dean berada di tengah lapangan. Dari 50 pertandingan di semua ajang, Newcastle hanya 18 kali menang dan 20 kali kalah.

Sementara itu, wasit untuk pertandingan MU vs Newcastle di Boxing Day nanti adalah Kevin Friend.

Saat dipimpin Friend, MU mendapat 15 kemenangan dari 22 laga di semua kompetisi, sedangkan Newcastle 11 kali menang dari 22 pertandingan. (sry)





berita olahraga